Menlu AS dan Cina Bertemu di Sela Acara ASEAN Jakarta, Bahas Isu Ini

Abdul Azis Said
14 Juli 2023, 12:13
asean, cina, amerika serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/Stefani Reynolds/Pool /wsj
US Secretary of State Antony Blinken bertemu Chinese Foreign Minister Wang Yi selama G20 di Nusa Dua, Bali, pada 9 Juli 2022. Blinken dan Wang Yi kembali menggelar pertemuan di Jakarta saat menghadiri pertemuan menlu ASEAN.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken bertemu dengan diplomat senior Cina, Wang Yi di Jakarta kemarin, Kamis (13/7). Dalam pertemuan itu, AS diketahui turut menyinggung soal ketegangan di Taiwan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Matthew Miller menyebut, pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya menjaga saluran komunikasi terbuka antara kedua negara. Tujuannya menjelaskan kepentingan Amerika Serikat terkait berbagai isu dan mengelola kompetisi secara bertanggung jawab dengan mengurangi risiko salah persepsi dan salah perhitungan.

Miller mengatakan, Blinken dan Wang berdiskusi secara terbuka dan konstruktif tentang berbagai isu bilateral, regional, dan global, termasuk isu-isu yang mengandung perbedaan serta sektor kerja sama potensial. 

"Menlu Blinken menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata Miller dalam keterangannya dikutip Jumat (14/7). 

Pertemuan itu sekaligus dimanfaatkan untuk menyampaikan kekhawatiran AS dan sekutunya terkait tindakan Cina. Namun, Miller tidak spesifik menyebut tindakan mana yang dimaksud.  

Kedua belah pihak juga sepakat untuk mempertahankan saluran komunikasi terbuka dalam beberapa minggu dan bulan ke depan.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...