Ganjar Pranowo Ungkap Tiga Gagasan Saat Bicara soal IKN Nusantara

Ira Guslina Sufa
20 Juli 2023, 14:44
Ganjar Pranowo diwawancarai CEO Katadata Metta Darmasaputra dalam acara IDE 2023
Katadata
Ganjar Pranowo diwawancarai CEO Katadata Metta Darmasaputra dalam acara IDE 2023

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai proyek Ibu Kota Negara Nusantara sebagai proyek strategis yang harus dilanjutkan. Menurut Ganjar pembangunan IKN Nusantara memiliki tujuan jangka panjang yang bisa dirasakan di masa mendatang.  

 “IKN tidak hanya memindahkan satu tempat tidak hanya memindahkan gedung tetapi juga memindahkan mindset,” ujar Ganjar dalam Indonesia Data and Economic Conference (IDE) Katadata 2023 di Jakarta, 20 Juli 2023. 

Dalam paparannya yang berlangsung secara daring, Ganjar mengatakan ia melihat pembangunan IKN dari tiga sudut pandang. Pada pandangan pertama ia menyebut keberlanjutan pembangunan IKN merupakan tanggung jawab yang harus diemban oleh siapa saja yang menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. 

Menurut Ganjar pembangunan IKN memiliki dasar hukum yang kuat melalui Undang-Undang.  Atas dasar itu tidak ada ruang bagi presiden selanjutnya untuk tidak melanjutkan program yang telah dimulai pada masa Presiden Joko Widodo. 

“Siapapun yang menjadi pemimpin nasional  mesti melanjutkan karena seluruh pemimpin itu disumpah untuk melaksanakan konstitusi dan undang-undang,” ujar Ganjar. 

Dalam cara pandang kedua, Ganjar mengatakan pembangunan IKN akan menjadi cara untuk mewujudkan mimpi besar pembangunan kota masa depan. Ia menyebut telah berdiskusi dengan para penggagas pembangunan IKN. Dari pertemuan itu ia menjadi yakin bahwa pembangunan IKN mengandung cita-cita besar menuju bangsa yang lebih besar. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...