Luhut Targetkan Aturan Golden Visa Rampung Pekan Depan

Andi M. Arief
1 Agustus 2023, 14:40
luhut, golden visa, wisatawan
Humas Kemenko Marves
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri langsung Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia hari ini di Banten, Jumat (10/2).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan mengatakan peraturan tentang Golden Visa akan terbit bulan ini. Menurutnya, aturan tersebut akan terbit secepatnya pada pekan depan.

Secara sederhana, kebijakan Golden Visa akan memudahkan sumber daya berkualitas di beberapa bidang untuk menetap di dalam negeri. Adapun, bidang yang akan difokuskan dalam kebijakan tersebut adalah digitalisasi, kesehatan, riset, dan teknologi.

"Orang-orang yang punya kapasitas intelektual tinggi, yang punya riset dari universitas-universitas top, dan orang-orang yang berpengaruh," kata Luhut di Istana Kepresidenan, Selasa (1/8).

Luhut mencontohkan individu yang dapat memiliki Golden Visa seperti pencipta Chat GPT Sam Altman. Luhut menyampaikan Altman bisa mendapatkan Golden Visa karena telah menyatakan akan sering mengunjungi Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno mengatakan kebijakan Golden Visa akan berbentuk Peraturan Pemerintah. Menurutnya, aturan tersebut kini dalam tahap finalisasi atau harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...