Gandeng KPK dan LPSK, Pupuk Indonesia Perkuat Whistleblowing System

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
3 Agustus 2023, 09:09
Kemitraan ini untuk mewujudikan komitmen antifraud di Lingkungan Pupuk Indonesia Grup.
Pupuk Indonesia
Kemitraan ini untuk mewujudikan komitmen antifraud di Lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

PT Pupuk Indonesia (Persero) menguatkan kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Kemitraan ini untuk mewujudikan komitmen antifraud di Lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

Kerja sama tersebut diresmika melalui launching Aplikasi Whistleblowing System (WBS) Multi Company, di Kantor Pusat Pupuk Indonesia, Jakarta, pada 2 Agustus 2023.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi menjelaskan bahwa WBS merupakan medium bagi stakeholder untuk melaporkan dugaan fraud di lingkungan Pupuk Indonesia Grup. Laporan yang dimaksud khususnya aduan tindak pidana korupsi.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan bagi pelapor dan seluruh pihak terkait dalam penanganan aduan dugaan fraud. Hal ini dilakukan melalui pelaksanaan kerja sama dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Rahmad menjelaskan, pihaknya sekarang sedang menjalani transformasi bisnis. Oleh karena itu, Pupuk Indonesia berkomitmen menjalankan transformasi yang dilandasi prinsip tata kelola perusahaan yang baik serta memegang teguh integritas dan budaya antifraud.

“Saat ini, kami sudah punya WBS yang terintegrasi dengan KPK. Ini akan meningkatkan kredibilitas pengelolaan manajemen antifraud di Pupuk Indonesia Grup,” katanya dalam siaran pers, Rabu (2/8).

Di dalam kesempatan yang sama, Pupuk Indonesia menandatangani addendum perjanjian kerja sama dengan KPK serta nota kesepahaman dengan LPSK. Selain itu juga dilakukan penandatanganan komitmen antifraud di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...