Golkar dan PAN Tolak Dukung Anies, Koalisi Tetap Yakin Menang Pilpres

Ade Rosman
8 Agustus 2023, 12:40
Golkar tak dukung Anies
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.
Bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) menyapa relawan saat kunjungan ke Rumah Temu Relawan Duren Tiga di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Koalisi Perubahan untuk Persatuan optimistis bisa memenangkan Anies Baswedan pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Keyakinan itu tetap muncul meski dua partai parlemen yang hari ini belum bersikap soal pilpres yaitu Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan tidak akan mendukung Anies. 

Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat Hermawi Taslim mengatakan koalisi tak butuh tambahan dukungan untuk bisa mengusung Anies. Saat ini mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah diusung oleh tiga partai yaitu Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. 

Menurut Hemawi ketiga partai telah melewati ambang batas presiden atau presidential threshold 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara sah di Pemilu 2019. “Kami sudah 28 persen. Tiga partai yang teguh pada prinsip, tidak asal-asalan, tidak membebek,” kata Hermawi saat dihubungi Selasa (8/8).

Senada dengan Hermawi yang tak mempermasalahkan sikap Golkar dan PAN, Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri pun menyampaikan hal serupa. Ia menyebut PKS yakin Anies mendapatkan banyak dukungan rakyat meski tak mendapat dukungan resmi dari PAN dan Golkar. 

“Kan memang bebas saja setiap partai politik punya pilihan capres masing-masing. Hakikat demokrasi memang berbeda beda. Asal sesuai aturan dan tanpa paksaan,” kata Mabruri, Selasa (8/8).

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra juga mengatakan hal serupa. Herzaky menyebut Partai Demokrat menghargai keputusan tiap partai politik. Ia pun menyebut arah dukungan partai politik yang jelas, menunjukkan martabat partai.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...