Empat Partai Dukung Prabowo, PDIP: Kami Terbiasa Dikeroyok

Ade Rosman
13 Agustus 2023, 15:41
golkar, prabowo, pdip
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri berpidato saat peluncuran lagu resmi kampanye bakal capres Ganjar Pranowo di sela Rakernas III PDI Perjuangan di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Partai Gerindra, Golkar, PAN, dan PKB mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden atau capres dalam Pemilihan Presiden alias Pilpres 2024. Partai Demokrasi Indonesia atau PDIP Perjuangan pun merespons bertambahnya dukungan terhadap Prabowo.

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah tak gusar setelah Partai Golkar dan PAN mendeklarasikan dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

Ia menyampaikan PDIP terbiasa dikeroyok secara politik sejak era orde baru. “Kami memiliki sejarah panjang sebagai partai yang dididik dan dibesarkan dengan terbiasa dikeroyok secara politik," kata Said dalam pernyataan pers, Minggu (13/8).

Said mengatakan PDIP optimistis menghadapi Pilpres 2024. Tak hanya dengan dukungan Partai Persatuan Pembangunan atau PPP, ia mengklaim para kiai dan santri turut mendukung capres Ganjar Pranowo.

Selain itu, dukungan partai non-parlemen seperti Partai Hanura dan Perindo dapat menjadi amunisi tambahan dalam memenangkan Ganjar sebagai capres.

"Konfigurasi politik dengan latar belakang beragam dan saling melengkapi menjadi modal dasar politik yang penting untuk memenangkan Ganjar Pranowo," katanya.

Menurutnya, Ganjar memiliki prospek magnet elektoral yang sangat besar. Ia berpandangan Ganjar memiliki rekam jejak baik, terlebih dalam kapasitasnya sebagai gubernur Jawa Tengah.

"Potensi ini akan terus kami sampaikan kepada rakyat, bahwa sesungguhnya mereka memiliki sosok capres yang memiliki keunggulan kualitatif dan bisa menjawab tantangan masa depan bangsa dan negara," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...