Kualitas Udara di Jakarta dan Pontianak Hari Ini Terburuk di Indonesia

Nadya Zahira
18 Agustus 2023, 12:29
Helikopter jenis EC120B Colibri milik TNI AU bermanuver di atas Istana Merdeka saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Jakarta, Kamis (17/8/2023). HUT ke-78 RI mengusung tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Helikopter jenis EC120B Colibri milik TNI AU bermanuver di atas Istana Merdeka saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Jakarta, Kamis (17/8/2023). HUT ke-78 RI mengusung tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Kualitas udara di Jakarta pada Jumat (18/8) pagi, berada di peringkat ketujuh terburuk di dunia. Peringkat ini berdasarkan data situs pemantau kualitas udara, IQAir. Indeks kualitas udara ibu kota siang ini mencapai 117 atau kategori "merah gelap" Artinya, kualitas udara tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Angka tersebut menunjukkan kualitas udara yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan dua hari lalu pada Rabu (16/8). Adapun indeks kualitas udara di DKI Jakarta pada tanggal tersebut tercatat di angka 163 atau terburuk nomor satu di dunia.

IQAir juga menunjukkan konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 1,7 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. PM2.5 atau particulate matter 2.5 adalah partikel udara yang berdiameter lebih kecil dari atau sama dengan 2,5 µm (mikrometer).

Partikel ini memiliki risiko kesehatan yang paling besar di antara pengukuran polusi udara lainnya. PM2.5 dapat bersumber dari asap kendaraan bermotor, hasil pembakaran pembangkit listrik, proses industri, asap pembakaran, asap rokok.

PM2.5 juga dapat terbentuk dari reaksi kimia polutan di udara/atmosfer, di antaranya sulfur dioksida, nitrogen oksida, ammonia, black carbon, debu mineral, yang bereaksi dengan air dan materi organik lainnya.

Sedangkan cuaca di Jakarta pada Jumat siang ini cerah berawan dengan suhu 31 derajat celcius, dengan gerak angin 3,6 km/h, dan tekanan sebesar 1011 milibar.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...