PSI Batal Dukung Ganjar di Pilpres, Singgung Deklarasi Tak Dianggap

Ade Rosman
23 Agustus 2023, 11:08
Ketua DPP PSI Giring Ganesha menyampaikan orasi politik di Kopdarnas Partai Solidaritas Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8). Kopdarnas ini merupakan forum pembahasan sikap partai politik PSI di PIlpres 2024. Adanya acara ini telah t
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua DPP PSI Giring Ganesha menyampaikan orasi politik di Kopdarnas Partai Solidaritas Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8). Kopdarnas ini merupakan forum pembahasan sikap partai politik PSI di PIlpres 2024. Adanya acara ini telah terkonfirmasi oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie.

Partai Solidaritas Indonesia menarik kembali dukungan untuk bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie saat Kopi Darat Nasional atau Kopdarnas PSI di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Selasa (22/8/2023) malam.

Pada acara tersebut, Grace membacakan sejumlah poin rekomendasi yang didapat dari 38 Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PSI seluruh Indonesia. Pada poin pertama, pengurus pusat PSI diminta untuk kembali menyerap aspirasi terkait bakal calon presiden, dan diminta untuk tak buru-buru menentukan pilihan.

“Kami meminta kepada DPP untuk ojo kesusu, dan terus mencermati dinamika politik yang berkembang termasuk komitmen tegak lurus kepada Pak Jokowi agar dipegang teguh pada keputusan menyangkut bangsa,” kata Garace seperti dikutip, Rabu (23/8) 

Pernyataan sikap yang disampaikan Grace sekaligus membatalkan dukungan yang sebelumnya telah diumumkan PSI untuk Ganjar Pranowo pada Oktober 2022 lalu. Saat itu Ganjar belum resmi diusung oleh PDIP untuk maju di pilpres 2024. 

Pada saat PDIP mengumumkan deklarasi untuk Ganjar pada 21 April 2023, PSI tidak dilibatkan secara langsung. Bahkan PDIP tidak memasukkan PSI dalam daftar partai yang menyatakan sikap mendukung Ganjar. Hal ini membuat dukungan untuk Ganjar di internal PSI menurun.

Grace mengatakan dalam musyawarah DPW terdapat perbedaan pilihan kandidat capres yang didukung. Suara terbagi antara Prabowo dan Ganjar, serta ada pula yang tak menentukan pilihan pada salah satu capres.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...