Dukung IKN Nusantara, Ridwan Kamil Sebut Tantangan Pemindahan Ibu Kota

Ira Guslina Sufa
23 Agustus 2023, 08:32
Wawancara khusus pendiri Katadata.co.id Metta Dharmasaputra dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Katadata
Wawancara khusus pendiri Katadata.co.id Metta Dharmasaputra dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan dukungan penuh atas rencana pemindahan Ibu Kota Negara yang digagas Presiden Joko Widodo. Ia menyebut gagasan memindahkan ibu kota ke IKN Nusantara menjadi jawaban atas berbagai persoalan kota yang dihadapi DKI Jakarta. 

“Saya pendukung IKN, karena menurut saya Jakarta beban itu terlalu besar. Dia mengambil porsi terlalu besar untuk semua urusan,” ujar Ridwan Kamil dalam wawancara khusus dengan Katadata.co.id seperti dikutip, Rabu (23/8).  

Ridwan Kamil menjelaskan Jakarta sebagai kota bisnis dan kota politik memiliki tantangan besar dalam menjaga stabilitas keamanan. Aktivitas politik seperti demonstrasi menurut dia bisa membuat aktivitas ekonomi sering terganggu. Karena itu Ridwan menyebut pemindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara menjadi solusi untuk pembenahan Jakarta dalam jangka panjang. 

Di sisi lain menurut Ridwan tantangan terbesar dalam pemindahan ibu kota negara bukan terletak pada persoalan membangun tetapi lebih pada persoalan membangun ekosistem. Ia menyebut persoalan pembangunan fisik IKN lebih mudah diatasi lantaran Indonesia memiliki kemampuan dalam membangun sebuah kota. 

“Tantangan terbesar itu menurut saya cuma 1 yaitu membawa populasi ke tempat baru,” ujar Ridwan. 

Persoalan populasi ini menurut Ridwan tak bisa dianggap sepele lantaran terbukti telah membuat pemindahan ibu kota negara di beberapa negara tidak berjalan lancar. Ia mencontohkan pemindahan ibu kota negara Malaysia ke Putra Jaya yang banyak dinilai gagal lantaran kota Putra Jaya hanya hidup di siang hari. Pada malam hari Ibu Kota Negara Malaysia itu sepi lantaran mayoritas pekerja di Putra Jaya masih tinggal di Kuala Lumpur. 

Ridwan menyebut telah menyampaikan gagasan kepada Presiden Jokowi agar juga serius dalam menyiapkan kehadiran populasi pendukung IKN Nusantara. Pemerintah kata dia perlu memikirkan langkah untuk penyediaan fasilitas pendukung seperti sekolah, pasar, dan rumah sakit sehingga IKN Nusantara tumbuh menjadi kota yang utuh. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...