Mengintip Hutan Kota GBK Disulap Jadi Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN

Muhamad Fajar Riyandanu
6 September 2023, 06:40
Sebuah panggung besar warna hitam berada di tengah Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) bakal menjadi pusat area gala dinner para kepala negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023, Selasa (5/9).
Katadata/Zaenuddin
Sebuah panggung besar warna hitam berada di tengah Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) bakal menjadi pusat area gala dinner para kepala negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023, Selasa (5/9).

Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) akan menjadi lokasi pesta santap malam atau gala dinner para kepala negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023, pada Rabu (6/9). KTT ASEAN ini berlangsung di Jakarta Convention Center pada 5-7 September 2023.

Lokasi gala dinner ini berada di dalam kawasan Komplek Stadion GBK, Senayan. Presiden Jokowi yang memilih langsung lokasi tersebut.

Ketika Katadata.co.id mengunjungi area gala dinner pada Selasa (5/9), tampak panitia menggelar gladi resik. Mereka berlatih membawa piring dan gelas-gelas dari dapur ke area gala dinner.

Sebuah panggung besar warna hitam berada di tengah Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) bakal menjadi pusat area gala dinner. Sejumlah meja dan kursi yang berwarna perak mengitari panggung.

Gladi resik acara gala dinner para kepala negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023, Selasa (5/9).
Gladi resik acara gala dinner para kepala negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023, Selasa (5/9). (Katadata/Zaenuddin)

Penyelenggara acara memasang rumput sebagai karpet di sekitar panggung. Para kepala negara dan delegasi KTT nantinya bakal bersantap malam beralas suket hijau.

Suasana Hutan Kota GBK di malam hari bakal tampak apik dengan hiasan himpunan lilin yang tersebar di beberapa sudut lokasi. Cahaya lilin menjadi penyeimbang gemerlap cahaya lampu dari gedung-gedung pencakar langit di sekitar Pusat Distrik Bisnis Sudirman (SCBD) yang lokasinya tepat berada di seberang Hutan Kota GBK.

Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) melalui Pusat Pengelolaan Komplek GBK menggandeng Plataran Group sebagai pihak swasta yang menyiapkan tempat dan fasilitas penunjang seperti dapur, ruang makan utama serta beberapa tempat lain dari Hutan Kota GBK untuk pengisi acara gala dinner di kawasan hijau seluas 4,5 hektare tersebut.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...