Pemimpin ASEAN Adopsi 11 Dokumen di Hari Pertama KTT, Ini Daftarnya

Ira Guslina Sufa
6 September 2023, 09:25
KTT ASEAN
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Zabur Karuru/foc.
Ibu Negara Iriana (kiri) bersama Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh (kedua kiri), Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kedua kanan) bersama istrinya Ho Ching (kanan) dan Permanent Secretary of Foreign Affairs Thailand Sarun Charoensuwan (tengah) menyimak pidato Presiden Joko Widodo saat pembukaan KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Para pemimpin negara yang tergabung dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengadopsi 11 dokumen pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN hari pertama yang berlangsung Selasa (5/9) di Jakarta. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut dari 11 dokumen terdapat tujuh deklarasi yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi, pengembangan komunitas ASEAN, serta peningkatan pembangunan di kawasan.

Dokumen pertama yang diadopsi oleh para pemimpin adalah ASEAN adalah Concord ke-4. Dokumen ini menjadi fondasi penyusunan Visi ASEAN 2045. Dokumen kedua adalah deklarasi tentang dialog hak-hak kemanusiaan ASEAN. Ini menjadi bidang kemanusiaan yang pertama tercapai pada keketuaan Indonesia tahun ini.

“Indonesia berkomitmen untuk memajukan promosi dan proteksi hak asasi manusia. Oleh karena itu kita ingin agar Dialog HAM ASEAN dilakukan secara reguler,” kata Retno seperti dikutip dari Antara, Rabu (6/9). 

Dokumen ketiga adalah deklarasi tentang pembangunan inklusif disabilitas dan kemitraan untuk komunitas ASEAN yang tangguh. Deklarasi itu pada intinya mendorong partisipasi masyarakat ASEAN secara inklusif, termasuk penyandang disabilitas dalam pembangunan.

Dokumen keempat adalah deklarasi tentang perlindungan dan pendidikan anak di Asia Tenggara. Kesepakatan ini menjadi bentuk komitmen ASEAN untuk memulai pendidikan sejak dini.

Selanjutnya, para pemimpin ASEAN juga mengadopsi deklarasi tentang kesetaraan gender dan pembangunan keluarga. Ada juga deklarasi tentang ketahanan berkelanjutan, penguatan ketahanan pangan dan nutrisi dalam respons terhadap krisis, serta tentang ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan.

Halaman:
Reporter: Antara

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...