Datangi Markas PKB, Anies Matangkan Strategi Pemenangan Hadapi Pilpres

Ade Rosman
11 September 2023, 15:50
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Katadata
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mengunjungi markas Partai Kebangkitan Bangsa di Jakarta Pusat Senin (11/9). Kedatangan Anies ke kantor DPP PKB merupakan yang pertama setelah ia dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dideklarasikan menjadi pasangan capres dan cawapres. 

Dalam pertemuan hari ini, Anies diagendakan akan mengikuti rapat pemenangan bersama PKB. Anies yang mengenakan batik hijau bergambar burung cendrawasih dan celana hitam tiba di markas PKB sekitar pukul 14.37 WIB. Kedatangannya disambut langsung oleh Muhaimin Iskandar yang mengenakan pakaian kemeja putih dan celana hitam.

Pada rapat tersebut tak mengundang partai koalisi lainnya yakni Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera lantaran agenda internal dari PKB. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut rapat  akan membahas sejumlah isu berkaitan dengan Pemilu 2024.

"Yang prioritas yang jelas," kata Jazilul kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

Sebelumnya, Anies secara resmi telah dideklarasikan sebagai bakal calon presiden yang akan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar. Deklarasi itu dilaksanakan di Surabaya pada Sabtu, (2/9) lalu dan dihadiri oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Usai perjodohan Anies-Muhaimin itu, terjadi perombakan anggota Koalisi Perubahan. Demokrat yang merasa tak dilibatkan dalam proses negosiasi dengan PKB pun memilih mencabut dukungan untuk Anies dan hengkang dari Koalisi. Sedangkan PKS masih tetap mendukung Anies. Namun harus menempuh forum internal guna menyetujui Muhaimin sebagai cawapres Anies.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...