Pengelola Museum Nasional Fokus Amankan Benda Sejarah

Image title
17 September 2023, 12:09
Museum Nasional
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.
ILustrasi, pengunjung mengamati koleksi benda bersejarah di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (2/1/2021).

Pasca kebakaran pada Gedung A dan C kompleks Museum Nasional yang terjadi pada Sabtu (16/9) malam, pihak pengelola menyatakan akan fokus pada pengamanan benda-benda bersejarah.

"Sebagian koleksi yang terdampak adalah replika, seperti di bagian prasejarah. Sisanya dipastikan dalam keadaan aman. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut," ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra, dilansir dari Antara, Minggu (17/9).

Ia menjelaskan, situasi di kompleks museum telah terkendali berkat respons cepat antara tim pemadam kebakaran, kepolisian, dan MNI. Kobaran api berhasil dipadamkan pada Sabtu pukul 22.40 WIB

Enam ruangan di Gedung A yang terdampak, sedangkan 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan pamer gedung B dan C sama sekali tidak terdampak. Api tidak menyebar.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran," kata Mahendra.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...