Demokrat Resmikan Sikap Dukung Prabowo Capres di Rapimnas Hari Ini

Ira Guslina Sufa
21 September 2023, 08:37
Daftar Caleg DPR RI Demokrat
Demokrat.go.id
Ketua Umum Partai Demokrat

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal mengumumkan sikap resmi partainya dalam menghadapi pemilihan presiden 2024 mendatang. Sikap itu diumumkan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang berlangsung di Jakarta Convention Center malam ini, Kamis (21/9).

“Ketum AHY akan menyampaikan keputusan strategis Majelis Tinggi Partai terkait dukungan bakal calon presiden dan koalisi kepada struktural partai dan kader yang hadir, serta kepada publik,” ujar politikus Demokrat Herman Khaeron seperti dikutip dari Antara, Kamis (21/9). 

Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat  itu menyebut rapimnas akan dihadiri oleh seluruh pengurus pusat, pimpinan dewan pimpinan daerah (DPD) hingga dewan pimpinan cabang dari seluruh Indonesia. Adapun Herman merupakan ketua pelaksana rapimnas tersebut. 

Senada dengan Herman, Juru Bicara Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan deklarasi bakal capres Demokrat digelar secara terbuka. Menurut Herzaky hal itu merupakan bentuk keseriusan dan komitmen Demokrat memenangkan bacapres yang diusung partainya.

“Mesin partai politik Demokrat pun bakal bergerak seiring sejalan pemenangan pilpres dan pemenangan pileg,” kata Herzaky.

Sebelumnya pada Minggu (17/9) AHY bersama Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono telah mendatangi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang. Kedatangan AHY dan SBY untuk menyampaikan dukungan resmi kepada Prabowo untuk maju di pilpres 2024. 

Pertemuan yang berlangsung di kediaman Prabowo itu dihadiri oleh petinggi Koalisi Indonesia Maju seperti Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra dan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta. Pertemuan itu juga dihadiri sejumlah purnawirawan seperti Wiranto dan Agum Gumelar. 

Saat ini Komisi Pemilihan Umum dan Pemerintah mengagendakan jadwal pendaftaran presiden berlangsung pada 19 -25 Oktober 2023. Saat ini terdapat 3 calon presiden yang muncul yaitu Prabowo, Ganjar Pranowo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Maju dan Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan dan Persatuan. Di antara ketiga capres baru Anies Baswedan yang telah menetapkan calon wakil presiden yaitu Muhaimin Iskandar. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...