Green Initiative Awards Diraih Bank DBS

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
26 September 2023, 21:00
Green Initiative Awards Diraih Bank DBS
Katadata (Courtesy of DBS)

Untuk kedua kalinya, Bank DBS meraih “Katadata Green Initiative Awards”. Seperti tahun lalu, badan usaha milik negara Singapura ini mendapatkan penghargaan untuk kategori perbankan dan finansial. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

“Kominten yang konsisten dilakukan Bank DBS dalam upaya keberlanjutan membuat perusahaan ini layak diapresiasi dan diganjar award ini,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta.  

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya. 

Selain sektor finansial dan perbankan, ada kategori lain dalam “Katadata Green Initiative Awards”. Kategori tersebut yakni teknologi dan transportasi; energi dan pertambangan; consumer goods; serta lembaga pemerintah dan masyarakat sipil.

Pembiayaan yang Melebihi Target 

Jika Indonesia menargetkan mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060, DBS Group bergerak lebih cepat, yakni pada 2050. Bukan optimistis kosong belaka. Sebabnya, karena Indonesia -meski kerap disebut salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar-  memiliki sumber daya energi terbarukan dan berkelanjutan yang melimpah.

"Di Indonesia, kami melihat peluang untuk menjalankan agenda keberlanjutan sangat besar melalui berbagai solusi pembiayaan,” kata Kunardy Lie, Chairman of Indonesia Sustainability Council, PT Bank DBS Indonesia. 

Kuncinya adalah kemitraan yang kolaboratif dan strategis di antara para pelaku industri dan pembuat kebijakan. Soliditas di antara mereka akan menginspirasi dan menciptakan lebih banyak praktik berkelanjutan yang serupa untuk mengatasi isu-isu Environmental, Social, and Governance (ESG), menyejajarkan Indonesia dengan negara-negara lain di dunia.

Komitmen DBS Group untuk pembiayaan dilakukan dengan berbagai pembiayaan yang melebihi Sing$ 50 miliar yang merupakan target dua tahun sebelumnya. Beraneka jenisnya yaitu pinjaman hijau, pinjaman energi terbarukan, pinjaman keberlanjutan, dan pinjaman transisi - tercatat pada akhir 2022 telah mencapai sebesar Sing$ 61 miliar.   

Pembiayaan berkelanjutan termasuk transition loan terus menunjukkan peningkatan yakni mencapai 253 persen dibanding tahun sebelumnya. Per Juli 2023, pembiayaan yang mencapai Rp 4 triliun ini disalurkan untuk sektor real estate, energi terbarukan, dan industri manufaktur serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain itu, Green Savings juga menarik minat nasabah untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui persentase yang dihasilkan dari tabungan mereka.

Di bidang sosial, Bank DBS Indonesia juga melakukan berbagai kerja sama dengan berbagai pihak. Termasuk di dalamnya adalah perusahaan, start up, dan wirausaha sosial untuk menghadirkan solusi bagi isu-isu lingkungan dan sosial yang komprehensif. Salah satunya mengoordinasikan pengelolaan sampah organik dengan mitra wirausaha sosial untuk kampanye #MakanTanpaSisa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...