Konfederasi Serikat Pekerja Nyatakan Sikap Netral di Pemilu 2024

Ira Guslina Sufa
8 Oktober 2023, 18:28
pekerja
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja Nasional (ASPN) berorasi di atas mobil komando saat aksi di Alun-alun Kota Serang, Banten, Selas (9/8/2022).

Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yorrys Raweyai menyatakan organisasinya memutuskan untuk bersikap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024. Keputusan itu disepakati oleh 12 pimpinan Federasi Serikat Pekerja (FSP) yang bernaung di bawah KSPSI, dalam rapat pleno yang digelar pada Sabtu (7/10) di Jakarta.

“Dalam momentum pemilihan presiden mendatang, KSPSI tidak ke mana-mana, namun ada di mana-mana," kata Yorris seperti dikutip dari Antara, Minggu (8/10). 

Yorris menjelaskan konfederasi telah menetapkan sikap netral. Dengan begitu menurut dia secara institusional, KSPSI tidak mengarahkan pilihan pada partai ataupun pasangan calon presiden tertentu.

Ketua Komite II DPD RI itu menegaskan, alasan pilihan tersebut diambil demi menjaga soliditas dan solidaritas anggota KSPSI. Saat ini, para anggota banyak menempuh jalur politik individual dengan latar belakang dan kecenderungan politik yang beraneka ragam.

Selain itu, Yorrys menegaskan bahwa sejak dulu organisasi pekerja merupakan salah satu elemen penting dalam setiap momen kontestasi politik. Posisi itulah yang harus dimanfaatkan dengan baik dan elegan tanpa mengorbankan kepentingan dan tujuan utama organisasi pekerja, yakni pembinaan, perlindungan dan kesejahteraan.

Lebih jauh Yorris mengatakan beberapa anggota KSPSI di berbagai jenjang kepengurusan pusat dan daerah telah terlibat aktif sebagai calon anggota legislatif, baik di tingkat pusat (DPR) maupun kabupaten/kota (DPRD) dari jalur partai politik yang berbeda-beda. Bahkan, beberapa di antaranya juga telah menjadi relawan dan pendukung capres tertentu.

Karena itu, menurut Yorris secara institusional, organisasi menyerahkan sepenuhnya pilihan politik tersebut kepada masing-masing individu. Meski demikian, Yorrys menyerahkan kewenangan kepada 12 federasi serikat pekerja di bawah kepimpinannya untuk mengarahkan dukungan kepada partai politik ataupun capres tertentu. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...