Megawati Akan Pilih Mahfud MD Jadi Cawapres Dampingi Ganjar?

Lavinda
Oleh Lavinda
17 Oktober 2023, 21:36
Mahfud MD
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt.
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD melambaikan tangan saat tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dikabarkan akan mengumumkan calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo, pada Rabu (18/10) pagi di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat.

PDIP dan partai koalisi kemungkinan memilih Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang kini menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo yang akan berlaga di Pemilu 2024.

Pada Selasa (17/10) malam, Megawati bertemu dengan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. Beredar foto,  tampak Mahfud MD tengah bersama Megawati.

Pertemuan itu dibenarkan oleh salah satu Tim Media Ganjar Pranowo, Anton Sudibyo.

Pertemuan itu disebut sebagai bagian keputusan yang akan dibacakan Mega pada Rabu. Usai pertemuan Mega dan Mahfud ramai beredar gambar-gambar berisi duet Ganjar - Mahfud.  Beredar pula undangan resmi yang tersebar di kalangan wartawan media nasional. Dalam undangan, terdapat foto Ganjar Pranowo yang berdampingan dengan Mahfud MD disertai tagline  'Gerak Cepat Indonesia Maju'.

Saat mengumumkan bakal cawapres yang diusung, Megawati tentu akan didampingi oleh Ganjar Pranowo dan sejumlah petinggi partai koalisi. Beberapa di antaranya: Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang. tentu akan mengumumkan bakal calon wakil presiden pada Rabu 18 Oktober 2023.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN-GP) Benny Rhamdani memberi petunjuk mengenai calon pendamping Ganjar merupakan seseorang berinisial M. Meski demikian, Benny belum membocorkan siapa sosok dengan inisial nama tersebut.

"Inisialnya M, bisa Mas Mahfud MD, bisa Mas Gibran, Mas Erick Thohir, Mas Andika Perkasa," kata Benny saat dihubungi awak media.

Benny mengatakan keputusan cawapres Ganjar merupakan ranah yang akan diputuskan oleh para Ketua Umum partai koalisi. "Apakah itu akan di umumkan besok (Rabu), ya bisa iya bisa tidak," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...