Anies Siapkan Visi Bernama 'Gagasan Perubahan', Bidik Kesetaraan

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Oktober 2023, 16:37
anies, muhaimin, gagasan perubahan
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nym.
Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) menyampaikan sambutan dalam pengajian Munajat Indonesia untuk Perubahan bersama sejumlah ulama di Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Bakal calon presiden dari koalisi perubahan Anies Baswedan menawarkan jargon 'Gagasan Perubahan' sebagai modal kampanye untuk menghadapi Pilpres 2024. Gagasan tersebut berisi tiga visi misi yang diklaim menyasar pada peningkatan kualitas hidup keluarga.

Gagasan tersebut merupakan upaya untuk menyediakan kebutuhan pokok masyarakat yang terjangkau. Visi ini juga diarahkan untuk mengangkat taraf hidup produsen pangan.

"Kami menginingkan kebutuhan pokok terjangkau dan di sisi lain para petani, peternak dan nelayan hidupnya sejahtera," kata Anies di podium gedung Komisi Pemilihan Umum pada Kamis (19/10).

Gagasan tersebut juga berupaya untuk membuka akses pekerjaan, pendidikan dan fasilitas kesehatan yang setara bagi seluruh masyarakat. Anies menilai, keterbukaan akses yang adil untuk tiga sektor itu dapat menghadirkan peluang bagi masyarakat untuk memeroleh masa depan yang lebih baik.

"Kami ingin adanya kesetaraan kesempatan untuk bekerja, kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik melalui pendidikan, dan kesempatan perlindungan kesehatan," ujar Anies.

Sebelumnya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum untuk berlaga dalam Pemilihan Presiden 2024.  Pasangan ini datang ke KPU menaiki mobil konvoi paling depan yang dikendarai oleh Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni.

Parade konvoi itu juga dihadiri oleh Pimpinan DPP Koalisi Perubahan yang diisi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali, Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Akhmad Syaikhu serta Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid.

Iring-iringan Land Rover itu berangkat dari Kantor DPP Nasdem sekitar pukul 07.20 WIB. Sebelum berangkat menuju KPU, Anies menyampaikan orasi di Nasdem Tower.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...