Ganjar - Mahfud Luncurkan Visi Misi: Menuju Indonesia Unggul

Ade Rosman
19 Oktober 2023, 17:17
ganjar, mahfud, visi misi capres
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Spt.
Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo (tengah) dan Mahfud MD (kanan) menyerahkan mock up Indonesia unggul kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo beserta Mahfud MD telah meluncurkan visi misi yang mereka usung dalam Pemilihan Presiden 2024.

Visi misi yang bernama 'Menuju Indonesia Unggul' itu dibawa Ganjar dan Mahfud saat mendaftar sebagai pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta Pusat, Kamis (19/10).

Secara garis besar, visi misi tersebut ingin melanjutkan capaian yang baik di pemerintahan hari ini. Adapun, visi akan diterjemahkan lagi menjadi misi yang berisi delapan poin.

"Yang jelas kami ingin membangun Indonesia dengan lebih cepat," kata Ganjar di KPU, Jakarta, Kamis (19/10).

Secara spesifik, Ganjar menjelaskan sejumlah isu yang menjadi fokusnya. Beberapa di antaranya transisi energi, hilirisasi, problem politik pangan, dan akses pendidikan.

"Dan pemerintahan yang bersih dengan digitalisasi yang kami lakukan untuk mencegah korupsi, menjadi poin-poin penting perhatian kami berdua," kata Ganjar.

Saat mendaftar ke KPU, pasangan Ganjar - Mahfud menyerahkan visi misi berupa dokumen sebanyak 33 halaman. Visi bertajuk 'Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari'. Adapun 8 misi tersebut berisi sebagai berikut:

1. Mempercepat Pembangunan Manusia Indonesia Unggul yang Berkualitas, Produktif, dan Berkepribadian
2. Mempercepat Penguasaan Sains dan Teknologi Melalui Percepatan Riset dan Inovasi (R & I) Berdikari
3. Mempercepat Pembangunan Ekonomi Berdikari Berbasis Pengetahuan dan Nilai Tambah
4. Mempercepat Pemerataan Pembangunan Ekonomi
5. Mempercepat Pembangunan Sistem Digital Nasional
6. Mempercepat Perwujudan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan Melalui Ekonomi Hijau dan Biru
7. Mempercepat Pelaksanaan Demokrasi Substantif, Penghormatan HAM, Supremasi Hukum yang Berkeadilan dan Keamanan yang Profesional
8. Mempercepat Peningkatan Peran Indonesia dalam Mewujudkan Tata Dunia Baru yang Lebih Berkeadilan Melalui Politik Luar Negeri Bebas Aktif dan Memperkuat Pertahanan Negara

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...