Jokowi Perintahkan KSAD Agus Subiyanto Jaga Situasi Jelang Pemilu 2024

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2023, 12:37
ksad, agus subiyanto, tni, pemilu
Antara
Letjen Agus Subiyanto usai dilantik Presiden Joko Widodo menjadi KSAD di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo telah melantik (TNI) Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Usai pelantikan, Jokowi memberikan arahan kepada Agus untuk menjaga situasi kondusif menjelang Pemilihan Umum 2024.

Secara khusus, Jokowi memerintahkan Agus berkoordinasi dengan Polri dan elemen masyarakat untuk menjaga tahun politik. Agus mengatakan dengan kerja sama, diharapkan situasi keamanan pada 2024 tetap kondusif.

"Jadi kami tidak bekerja sendiri," kata Agus di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10).

Agus mengatakan TNI, Polri, dan masyarakat akan mengamankan 802 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS). TNI juga akan memetakan wilayah-wilayah yang rawan.

Oleh sebab itu, ia akan meminta para Pangdam untuk memaparkan rencana penanganan lapangan. Hal ini penting karena tiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda.

"Kalau di Jakarta itu mungkin konflik sosial karena banyak demi, kalau di Jawa Barat bencana alam," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, mantan Danpaspampres itu menjanjikan TNI akan netral dalam tahun politik. "Saya rasa TNI sudah (netral)," katanya.

Selain itu, ia akan melanjutkan kebijakan yang telah dirancang pemerintah. Agus juga akan berkolaborasi dengan seluruh kementerian untuk membantu program yang telah dirancang.

"Melanjutkan program-program yang sudah dilakukan pejabat, terutama untuk membantu kesulitan masyarakat," katanya.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...