Tiga Mantan Kapolri Dukung Prabowo - Gibran Maju di Pilpres 2024

Ade Rosman
25 Oktober 2023, 13:53
Prabowo
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.
Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto (tengah) dan Gibran Rakabuming Raka (kiri) didampingi Sekjen KPU Bernad Dermawan Sutrisno (kanan) tiba untuk menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum. Pendaftaran dilakukan pada Rabu (25/10) sekitar pukul 11.57 WIB. 

Pendaftaran Prabowo - Gibran juga disaksikan oleh seluruh Ketua Umum Koalisi Indonesia Maju. Adapun KIM terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Gelora, Garuda dan Prima. Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo - Ganjar Rosan Roeslani juga turut mengantar ke KPU. 

Dalam pidato yang disampaikan usai penyerahan berkas tersebut, Prabowo menyampaikan terima kasih pada seluruh pihak yang telah mendukung. Tak lupa ia berterima kasih kepada tiga mantan Kepala Kepolisian atau Kapolri yang ia sebut turut memberikan dukungan. 

Dukungan dari tiga mantan Kapolri itu disampaikan langsung saat Prabowo - Gibran menyapa relawan dan pendukung di Stadion Arena Indonesia di kawasan Gelora Bung Karno sebelum bergerak ke KPU. Dukungan juga diberikan oleh beberapa jenderal TNI. 

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada tokoh-tokoh nasional, senior-senior yang hadir, ada Jenderal Wiranto, Marsekal udara Imam Sufaat. Tiga mantan kapolri, Jenderal Polisi Sutarman, Idham Azis, Jenderal Polisi Sutanto, dan juga tokoh religius, tokoh agama Habib Luthfi bin Yahya, yang telah membacakan doa pada saat kami ada di stadion Indonesia Arena," kata Prabowo.

Berkas pendaftaran Prabowo - Gibran pun telah dikonfirmasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, pendaftaran yang diserahkan pasangan tersebut telah lengkap.

"Berdasarkan informasi dari tim di kesekjenan KPU melalui silon, dokumen syarat calon dinyatakan lengkap," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU.

Hasyim mengatakan, selanjutnya bakal paslon akan melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, pada Kamis (26/10). Pemeriksaan kesehatan akan dimulai pukul 7.00 WIB.

Prabowo dan Gibran menjadi pasangan ketiga yang mendaftar ke KPU untuk maju di pilpres 2024. Sebelumnya KPU sudah menerima pendaftaran pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar pada Kamis (19/10). 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...