Polisi Dikabarkan Geledah Rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi

Ira Guslina Sufa
26 Oktober 2023, 12:55
KPK
ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (tengah) menjawab pertanyaan wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Kediaman Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang terletak di Villa Galaxy, Kota Bekasi, Jawa Barat, dikabarkan digeledah oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya. Ketua RT setempat di lokasi rumah Firli mengkonfirmasi kabar itu.

“Ada, ada penggeledahan,” ucap Ketua RT setempat, Rony Napitupulu seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/10). 

Meski begitu hingga kini belum ada penjelasan resmi dari kepolisian mengenai penggeledahan tersebut. Penggeledahan disebut dipimpin langsung oleh Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak.

Penggeledahan di rumah Firli diduga terkait dengan kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto yang ditemui di kantornya tak memberi penjelasan atas kabar penggeledahan. Ia berkelit dari pertanyaan yang diajukan wartawan. 

“Terima kasih ya, terima kasih,” kata Karyoto. 

Penyidik gabungan dari Subdit Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap Firli Bahuri pada Selasa (24/10). Firli diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo. 

 Firli diperiksa selama sekitar tujuh jam, mulai pukul 10.00 hingga 19.30 WIB. Pemeriksaan itu juga diselingi istirahat pada waktu Dzuhur, Ashar dan Magrib. Salah satu materi yang ditanyakan kepada Firli ialah terkait foto pertemuannya dengan Syahrul Yasin Limpo di salah satu GOR di Jakarta.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...