Firli Bahuri Mangkir dari Pemeriksaan Dewas KPK, Ajukan Penundaan

Ira Guslina Sufa
27 Oktober 2023, 16:00
Firli Bahuri
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan sambutan sebelum melepas Roadshow Bus KPK 2023 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini menjadwalkan pemeriksaan lima pimpinan KPK terkait perkara dugaan penyalahgunaan wewenang dalam penanganan kasus. Anggota Dewas Albertina Ho mengatakan ketua KPK Firli Bahuri dan tiga pimpinan lain tidak hadir pada pemeriksaan. 

"Filri minta dijadwal ulang setelah tanggal 8 November," kata Albertina di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Jumat (27/10). 

Firli awalnya hari ini akan diperiksa oleh Dewas KPK perihal pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Syahrul saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi yang perkaranya ditangani oleh KPK.

Albertina mengatakan pihak Dewas KPK tidak menerima laporan penyebab Firli mengajukan penundaan pemeriksaan tersebut. "Alasannya belum diberitahu. Silahkan tanya saja ke sana alasannya," ujar Albertina. 

Sebelumnya dewas telah memeriksa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Kamis (26/10). Syahrul diperiksa untuk dimintai keterangan mengenai kabar pertemuan dirinya dengan Ketua KPK Firli Bahuri. 

Ia mengatakan sebagai bagian dari pengungkapan kebenaran Dewas bisa saja memanggil saksi lain untuk mengkonfirmasi pertemuan antara Firli dan SYL. "Mungkin nanti ada lagi yang lain ya," ujar dia. 

Albertina juga mengatakan Dewas KPK akan menyesuaikan jadwal pemeriksaan sesuai dengan permintaan ketua dan wakil ketua KPK. "Kalau orangnya enggak ada bagaimana? Kami bisa periksa atau tidak? Dewas kan tidak ada upaya paksa. Kami tidak bisa menghadirkan," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...