Prabowo dan Bahlil Kompak Singgung Kota Solo dalam Deklarasi Relawan

Image title
Oleh Antara
28 Oktober 2023, 22:16
Bakal calon presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato dalam deklarasi relawan Penerus Negeri di Jakarta, Sabtu (28/10/2023). Relawan Penerus Negeri mendeklarasikan dukungannya untuk bakal calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rak
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Spt.
Bakal calon presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato dalam deklarasi relawan Penerus Negeri di Jakarta, Sabtu (28/10/2023). Relawan Penerus Negeri mendeklarasikan dukungannya untuk bakal calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto, memuji-muji Solo sebagai daerah yang melahirkan banyak pemimpin. "Dalam sejarah budaya, Solo dan Yogyakarta selalu melahirkan pemimpin-pemimpin Indonesia," kata dia dalam Deklarasi Dukungan Relawan Penerus Negeri, Sabtu (28/10).

Prabowo menceritakan dalam Pilpres 2014 dan 2019, Joko Widodo melakukan hal yang menurutnya tak lazim dilakukan pemenang. "Saya dua kali dikalahkan, dua kali pula beliau datang ke saya, padahal biasanya yang kalah yang datang ke pemenang. Memang ilmu orang Solo luar biasa," sambung Prabowo.

Tak cuma Prabowo yang menyebutkan Solo dalam pidatonya di hadapan relawan pendukung. Pada deklarasi yang diadakan di Djakarta Theater itu, Bahlil Lahadia yang merupakan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, juga menyebutkan Kota Solo dalam pidatonya.

Bahlil mengatakan ada banyak pihak yang merasa gerah dengan kehadiran satu orang pemuda dari Solo. Ia kemudian menyebutkan kalimat yang pernah diucapkan Presiden Sukarno, yaitu, 'Beri aku sepuluh pemuda, akan kuguncangkan dunia'. "Ini baru satu pemuda dari Solo datang, yang lain sudah pusing," kata dia.

Dalam deklarasi tersebut, Bahlil memuji Prabowo sebagai satu-satunya calon presiden yang memberikan kesempatan kepada anak muda. "Apakah ada capres yang lain yang memberikan kesempatan kepada anak muda untuk menjadi cawapres? Ada tidak?"

Padahal, menurut dia, ada banyak tokoh-tokoh pemuda yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ia memberi contoh Sutan Syahrir yang masih berusia 36 tahun saat ditunjuk sebagai Perdana Menteri RI.

Meski tak blak-blakan merujuk pada sosok Gibran Rakabuming Raka, bakal calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo, dalam Pilpres 2024 ini hanya Gibran yang berasal dari Solo. Gibran pun masih aktif menjabat sebagai Wali Kota Solo hingga saat ini.

Dalam pidatonya, selain menyinggung soal pemimpin dari Solo, Prabowo menegaskan komitmennya untuk melanjutkan program Jokowi jika terpilih menjadi Presiden dalam pemilu 2024.. "Arah kebijakan Jokowi sudah benar. Jangan ragu dan plin-plan. Harus tegas!"

 

Editor: Dini Pramita
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...