Ketua dan 3 Anggota Wantimpres Jokowi Masuk dalam TKN Prabowo - Gibran

Ira Guslina Sufa
6 November 2023, 17:04
Prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/tom.
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kiri) dan bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan pidato politiknya saat deklarasi sebagai capres dan cawapres yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebelum melakukan pendaftaran menuju Gedung KPU di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Koalisi Indonesia Maju resmi mengumumkan nama-nama yang masuk dalam Tim Kampanye Nasional yang akan memenangkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Pengumuman disampaikan di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan Senin (6/11). 

Daftar nama Tim Kampanye Prabowo - Gibran terbilang gemuk. Berdasar daftar nama yang dirilis Ketua TKN Rosan Roeslani total ada 265 nama yang tergabung dalam tim. Yang menarik dalam daftar itu terdapat sejumlah nama orang-orang yang dekat dengan presiden Joko Widodo. Empat tokoh yang tergabung dalam Dewan Pertimbangan Presiden atau wantimpres turut masuk dalam daftar Tim Kampanye Nasional. 

Para tokoh yang duduk di Wantimpres Jokowi yang masuk dalam daftar TKN Prabowo - Gibran adalah  Ketua Wantimpres Jenderal TNI purnawirawan Wiranto, Habib Luthfi bin Yahya, Agung Laksono dan Putri Kus Wisnu Wardani. Nama Lutfi bin Yahya dan Wiranto masuk dalam daftar Dewan Pembina. Sedangkan Agung Laksono dan Putri Wardani masuk dalam jajaran Dewan Penasehat. 

Dalam kepengurusan itu, para petinggi partai dari Koalisi Indonesia Maju masuk dalam struktur. Adapula beberapa purnawirawan Polri seperti Komjen Pol. (Purn.) Ari Dono Sukmanto dan Komjen Pol. (Purn.) Condro Kirono.

Ketua Umum Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju (TKN KIM) Rosan Roeslani menjelaskan nama-nama itu merupakan rangkuman dari aspirasi semua golongan. Para tokog berasal dari kelompok santri, akademisi, tokoh-tokoh relawan, dan juga tentunya dari partai.

“Diharapkan ini bisa memberi kontribusi positif pada jalannya pesta demokrasi sesuai arahan dari Bapak Prabowo,” kata Rosan Roeslani saat pengumuman susunan TKN Koalisi Indonesia Maju.

Dalam acara itu, Gibran Rakabuming Raka, bakal calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi bakal calon presiden Prabowo Subianto, turut hadir. Dia pun memberi pesan kepada para pengurus untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya merasa bangga, saya merasa bersyukur dibantu orang-orang hebat, orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing. Saya pesan satu saja, Bapak, Ibu semua yang tergabung dalam TKN ini saya pesan satu saja, pastikan kapal besar Koalisi Indonesia Maju ini berlabuh di dermaga kemenangan,” kata Gibran Rakabuming Raka di hadapan para pengurus.

Roesan, dalam acara yang sama, lanjut menyampaikan kepengurusan itu masih akan disempurnakan sebelum nantinya susunan lengkapnya diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...