Ganjar Pranowo Kritik Indonesia Kurang Manfatkan Ekonomi Maritim

Amelia Yesidora
8 November 2023, 17:16
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo memberikan pidato pada acara deklarasi Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jateng di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/11/2023).Deklarasi yang dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai kalangan sep
ANTARA FOTO/Wawan Hadi/ast/rwa.
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo memberikan pidato pada acara deklarasi Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jateng di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/11/2023).Deklarasi yang dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai kalangan seperti relawan kader, simpatisan partai, akademisi, advokat, seniman, budayawan, nelayan, petani, buruh, hingga generasi milenial itu untuk memenangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Pemilu 2024.

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo menyoroti kurangnya perhatian negara terhadap ekonomi maritim. Menurutnya sektor maritim bisa berkontribusi lebih tinggi lagi untuk meningkatkan ekonomi nasional, baik dari perikanan hingga kredit karbon.

“Wong kita 77% laut kok. Tapi sektor maritim hanya berkontribusi 7,6% dari GDP di 2021,” kata Ganjar dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta, Rabu (8/11).

Eks Gubernur Jawa Tengah ini membandingkan jumlah tangkapan ikan Indonesia jauh lebih rendah dari Vietnam, padahal garis pantai Indonesia lebih panjang dari Vietnam. Menurutnya, hal ini terjadi karena regulasi perizinan yang menyulitkan nelayan.

“Bagaimana regulasi biar jalan? Tembak langsung. Kita harus mau repot untuk bantu urus izin ini. Mesti ada leadership yang bisa mendorong,” kata Ganjar.

Ganjar lalu mencontohkan ekonomi perikanan tangkap yang aturannya kadang memperketat nelayan, sehingga tidak semuanya siap. Dia juga menyebut soal sektor ekonomi lain seperti budidaya rumput laut yang bisa digarap nelayan.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...