KPU Jamu Capres-Cawapres Makan Malam Sebelum Undian Nomor Urut

Muhamad Fajar Riyandanu
14 November 2023, 12:55
kpu, capres, gala dinner
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (tengah) bersama anggota KPU Idham Holik (kedua kanan), August Mellaz (kedua kiri), dan Betty Epsilon Idroos (kanan) dan Sekjen KPU Bernad Dermawan Sutrisno (kiri) usai memberikan keterangan pers terkait pendaftaran calon presiden dan wakil presiden di Kantor KPU, Jakarta, Senin (16/10/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan Gala Dinner untuk para calon presiden (capres) dan cawapres hari ini. Makan malam tersebut dilaksanakan sebelum melaksanakan pengundian nomor urut.

Gala dinner itu rencananya dilaksanakan di rooftop kantor KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Komisioner KPU Idham Holik mengatakan jamuan makan malam itu bakal dihadiri oleh seluruh capres cawapres beserta fungsionaris partai pengusung.

Idham juga menyebut seluruh ketua umum partai politik pengusung capres cawapres akan hadir dalam makan malam. "Informasi yang sampai pada kami sepertinya kehadiran pimpinan partai politik yang mendaftarkan capres dan cawapres sepertinya akan maksimal," kata Idham di Kantor KPU pada Selasa (14/11) siang.

Menurut Idham, jamuan makan malam ini menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi seluruh capres cawapres berserta anggota partai politik pengusung. "Kita tahu penyelengarakan pemilu di Indonesia ini kan berasaskan Pancasila," ujar Idham.

Kegiatan Gala Dinner bakal dilaksanakan selama 1 jam, yang dimulai pukul 18.30-19.30 WIB. Kegiatan pengundian nomor urut dan penetapan pasangan calon capres dan cawapres ini akan ditutup oleh sambutan dari masing-masing pasangan capres cawapres pada pukul 22.00 WIB.

"Menunya saya tidak hapal, Yang jelas akan kami sajikan yang terbaik untuk pasangan calon capres dan cawapres," katanya.

Prabowo-Gibran daftar Pilpres 2024 di KPU
Prabowo-Gibran daftar Pilpres 2024 di KPU (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.)

Penetapan nomor urut pasangan capres-cawapres itu dilakukan tepat sehari setelah ditetapkannya tiga pasangan kandidat yang akan berlaga di Pilpres 2024 pada Senin (13/11).

Adapun tiga pasang capres-cawapres yang telah ditetapkan KPU yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Anies-Muhaimin diusung oleh Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, dan PKS. Ganjar-Mahfud diusung PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura. Kemudian Prabowo-Gibran mengantongi dukungan dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda, dan PSI.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...