Kronologi Firli Tutup Muka Usai Diperiksa Polisi, Bantah Peras Limp

Ade Rosman
17 November 2023, 10:48
Firli Bahuri diperiksa Polisi
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan sambutan sebelum melepas Roadshow Bus KPK 2023 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan tak pernah melakukan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Pernyataan itu ia sampaikan melalui keterangan tertulis usai diperiksa oleh kepolisian di Bareskrim Polri pada Kamis (17/11).

"Saya Firli Bahuri menyatakan bahwa tidak pernah ada kegiatan memeras, gratifikasi dan suap," kata Firli dalam keterangan resminya. 

Firli membenarkan adanya penggeledahan di rumahnya yang berlokasi di Bekasi dan rumah sewa di Kertanegara 46, Jakarta Selatan. Ia mengatakan dari dua penggeledahan itu telah disita Kunci dan gembok gerbang, dompet berwarna Hitam, serta kunci mobil keyless yang didapat dari rumah Kertanegara 46.

"Pada saat dilakukan penggeledahan di rumah Firli Bahuri, tidak ditemukan benda sitaan terkait penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian RI pada tahun 2020-2023," kata Firli. 

Sebelumnya, Firli tak memenuhi panggilan penyidik, namun ia enggan disebut mangkir. Padahal menurut Firli ia telah mengkomunikasikan ketidakhadirannya. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...