Golkar Usung Khofifah, Ridwan Kamil hingga Bobby Nasution di Pilkada

Muhamad Fajar Riyandanu
21 November 2023, 19:59
Golkar umumkan calon di Pilkada
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) didampingi Kepala Dinas Pendidikan TNI AL Laksamana Pertama TNI Dodi Agus Prasetyo (kiri) dan Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Mukhlis (kanan) menghadiri upacara pembaretan siswa SMA Taruna di markas Brigade Infanteri Mekanis 16/Wira Yudha, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (18/10/2023).

Partai Golkar memberikan surat penugasan untuk mengusung para kader terpilih ikut dalam pemilihan gubernur (Pilgub) pada 27 November 2024 mendatang. Golkar mengumumkan hal tersebut usai memberikan arahan kepada para kader bakal calon kepala daerah di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat pada Selasa (21/11).

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan partainya sudah menunjuk sejumlah kader agar turut serta dalam Pilkada 2024. Beberapa daerah strategis yang menjadi perhatian khusus Golkar di antaranya Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara dan Papua Barat.

Airlangga menguraikan, Golkar akan mengusung Mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode Airin Rachmi Diany untuk ikut berlaga pada pilgub Banten tahun depan. Partai beringin juga memberikan penugasan kepada mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk kembali merebut posisi Gubernur Jawa Barat pada Pilkada mendatang.

Golkar juga memberikan dukungan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk kembali mengikuti Pilgub Jawa Timur periode 2024-2029. Khofifah yang saat ini merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mendapat amanat untuk menjadi bagian tim penenangan daerah alias TKD Jawa Timur pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan bahwa partai juga akan mengusung Ahmed Zaki Iskandar sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029. Zaki pernah menjabat sebagai bupati Tangerang selama dua periode sejak 2013 hingga 2023.

Golkar juga sudah memberikan surat penugasan kepada Wali Kota Medan untuk ikut dalam pemilihan gubernur Sumatera Utara dan Wali Kota Medan. Bobby sebelumnya telah dipecat sebagai kader oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) usai memberikan dukungan pada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...