Anies Ungkap Alasan Eks Waketum PAN Soetrisno Bachir Masuk Tim AMIN

Amelia Yesidora
22 November 2023, 05:15
Anies
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.
Calon Presiden dan Wakil Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) mengumumkan sejumlah nama baru anggota Timnas AMIN di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar  mengumumkan penambahan nama dalam Tim Pemenangan Nasional AMIN. Salah satu nama yang masuk dalam Timnas AMIN ini adalah politikus Partai Amanat Nasional, Soetrisno Bachir. 

Anies membenarkan Soetrisno yang dimaksud dalam pengumuman ini adalah eks ketum PAN. Nama Soetrisno bertengger di deretan dewan penasihat. Namun, Anies mengatakan ia  dipilih bukan karena kader PAN. 

“Pak Soetrisno Bachir ini kami ambil sebagai tokoh Muhammadiyah. Kami sudah berkomunikasi dan beliau sudah aktif juga sebetulnya,” kata Anies Baswedan di Rumah Pemenangan AMIN, Jakarta, Selasa (25/11). 

Ditemui terpisah, Captain Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus membenarkan pernyataan tersebut. “Beliau itu pengurus Muhammadiyah, jadi beliau (Anies dan Muhaimin) yang lebih paham, saya menjalankan saja,” kata Syaugi di Jakarta, Selasa (25/11). 

PAN sendiri adalah bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di pilpres. Dalam koalisi itu PAN berada bersama Partai Golkar, Gerindra, Demokrat. Partai Bulan Bintang, Garuda, Gelora, Prima dan Partai Solidaritas Indonesia. 

Sedangkan pasangan Anies - Muhaimin didukung oleh koalisi perubahan dan persatuan. Koalisi terdiri Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...