Abraham Samad Heran Namanya Masuk Dewan Pakar Timnas AMIN

Amelia Yesidora
24 November 2023, 07:33
Anggota Koalisi Masyarat Sipil Anti Korupsi Abraham Samad menyuarakan pendapatnya saat melakukan unjuk rasa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/4/2023).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Anggota Koalisi Masyarat Sipil Anti Korupsi Abraham Samad menyuarakan pendapatnya saat melakukan unjuk rasa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Abraham Samad merupakan satu dari tiga nama mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi masuk dalam Dewan Pakar Tim Pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Timnas AMIN. Namun, Abraham menyatakan belum pernah dikonfirmasi untuk bergabung dalam tim tersebut.

Mantan Ketua KPK ini mengaku belum pernah dihubungi baik Anies Baswedan ataupun Cak Imin. Ia pun heran namanya masuk di daftar tersebut, sebab tidak diikuti oleh gelar akademis layaknya anggota Dewan Pakar lainnya.

“Saya menganggap itu bukan saya. Kepakarannya enggak muncul,” kata Abraham kepada Katadata di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (23/11).

Abraham menyatakan dirinya tidak menolak atau menerima. Namun, dia masih harus mengonfirmasi apakah benar itu namanya atau bukan. “Tapi kalau anda tanya posisi saya, posisi saya tegak lurus bersama rakyat mengawal dan menegakkan demokrasi,” ujarnya. 

Mantan pimpinan KPK lain yang juga masuk ke Dewan Pakar Timnas AMIN ialah mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Berbeda dengan Abraham Samad, pria yang biasa dipanggil BW ini tidak menampik posisinya.

“Iya, benar. Saya juga sudah berkomunikasi dengan Anies dan Cak Imin,” kata BW ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (23/11).

Sebelumnya calon presiden Anies Baswedan mengatakan tiga nama mantan pimpinan KPK yang bergabung dalam Timnas AMIN merupakan sosok yang selama ini selalu berupaya mewujudkan perubahan.

"Justru anggota yang menjadi anggota timnas adalah pribadi-pribadi yang selama ini sudah bekerja untuk perubahan di berbagai sektor," kata Anies di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu (22/11), dikutip dari Antara.

Anies menyebut bergabungnya para mantan pimpinan komisi antirasuah lantaran memiliki kesamaan dalam cara pandang dengan jajaran di Koalisi Perubahan, terkait konsep perubahan yang digagas.

Empat Tokoh Batal Gabung di Timnas AMIN, Daftar Nama Direvisi 3 Kali

Sejumlah tokoh menarik diri dari deretan nama tim pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Timnas AMIN pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Mereka yakni juru bicara Jusuf Kalla Husein Abdullah, pendiri lembaga survei Kedaikopi Hendri Satrio. Kemudian pendiri lembaga pembangunan karakter ESQ Ari Ginanjar, dan bos Trans Digital Media Ridwan Dalimunthe.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...