Ganjar Tak Mau Disebut Survei Jeblok, Ungkit Pernah Jadi Timses 4 Kali

Ade Rosman
24 November 2023, 19:12
Ganjar
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/aww.
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo menyampaikan pidato saat menghadiri acara Gebyar Budaya di Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (10/11/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menampik temuan lembaga survei yang menyatakan elektabilitas Ganjar - Mahfud MD turun jelang pemilihan presiden 2024. Mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut mengungkit ia sudah cukup berpengalaman menjadi tim sukses untuk memenangkan pasangan capres di pilpres. 

Menurut Ganjar dengan pengalamannya menjadi tim sukses, ia paham betul bagaimana menganalisa pergerakan suara jelang pilpres. Ganjar mengatakan ia telah menjadi tim sukses saat mengusung pasangan Megawati Soekarnoputri - Prabowo Subianto, Megawati - Hasyim Muzadi, Joko Widodo - Jusuf Kalla dan Jokowi - Ma’ruf Amin. 

"Jadi saya biasa membaca data dalam kondisi seperti ini, seperti 5 tahun yang lalu, 10 tahun yang lalu,” kata Ganjar saat mengisi acara Indonesia Millenial and Gen-Z Summit 2023, di Senayan Park, Jakarta, Jumat (24/11).

Selain karena pengalamannya, Ganjar pun mengatakan tim pemenangan atau TPN Ganjar - Mahfud MD memiliki survei internal sendiri yang dijadikan patokan untuk memonitor elektabilitas jelang pilpres. Karena itu ia tak ambil pusing terkait survei lainnya.

"Kami punya datanya dan kami juga punya survei sendiri. Buat kami itu biasa saja, enggak apa-apa," katanya.

Ganjar mengatakan, saat ini ia dan timnya lebih berfokus pada bagaimana menyampaikan visi misinya kepada masyarakat. Karena itu ia bersama TPN Ganjar - Mahfud akan lebih memprioritaskan untuk lebih banyak bertemu dengan masyarakat dan membangun komunikasi. 

“Karena pesannya lebih pada pesan edukasi," kata Ganjar. Dengan begitu ia berharap pemilih betul-betul memiliki preferensi kandidat yang akan dipilih, tak hanya sekadar asal pilih.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...