Ganjar Curhat Putuskan Maju Capres Usai 2 Tahun Diskusi dengan Jokowi

Ade Rosman
6 Desember 2023, 17:36
Ganjar
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/NZ
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan pidato politiknya saat melakukan pertemuan dengan tim pemenangan daerah (TPD), caleg partai koalisi dan relawan di gedung Pencak Silat Stadion Aji Imbut, Kutai Kartanegara , Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku butuh waktu yang cukup panjang untuk memutuskan maju di Pemilihan Presiden 2024. Ganjar mengatakan ia berdiskusi selama 2 tahun dengan Presiden Joko Widodo sebelum membulatkan keputusannya itu.

Peran Jokowi di balik keputusan maju capres itu menurut Ganjar  pernah ia ungkapkan saat menghadiri forum Rembuk Ide Transisi Energi Berkeadilan: Menelaah Gagasan dan Komitmen Calon Pemimpin Indonesia, di Jakarta, beberapa waktu lalu. "Saya itu mau maju capres diskusi awalnya sama Pak Jokowi. Saya diskusi berdua panjang sekali sampai pada satu titik butuh keberlangsungan dan itu Ganjar. Gitu," kata Ganjar di sela kunjungan di Balikpapan seperti dikutip Rabu (6/12).

Mantan Gubernur Jawa tengah itu mengatakan, diskusi panjang yang dilakukannya dengan Jokowi untuk mengetahui apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab presiden Indonesia ke depan yang akan menggantikan Jokowi. Ia mengaku membulatkan tekad maju capres karena ingin melanjutkan pembangunan dan kebijakan memajukan Indonesia.

Menurut Ganjar sejumlah topik yang menjadi fokus diskusi dengan Jokowi antara lain, birokrasi bersih, hilirisasi, pertumbuhan ekonomi, dan bagaimana melakukan gebrakan dalam kebijakan.

"Kami diskusi bagaimana menggebrak dan sebagainya. Kami diskusi 2 tahun, saya bocorkan di Habibi center ini," kata Ganjar.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...