Tanggapi Debat Capres, Mahfud Balas Pernyataan Prabowo Soal HAM

Ira Guslina Sufa
12 Desember 2023, 22:36
Debat capres
Istimewa
Ganjar Prabowo - Mahfud MD

Calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo, Mahfud MD, mengaku puas dengan pelaksanaan debat calon presiden hari pertama. Menurut Mahfud, Ganjar sudah tampil dengan maksimal dan menjawab pertanyaan dengan lugas. 

“Ya saya kira sama lah dengan penilaian masyarakat, 95 persen dari seluruh persoalan yang ditanyakan kepada paslon 3 saya kira terjawab dengan baik dan persis dengan ketentuan perundang-undangan dan situasi sosial politik,” ujar Mahfud saat ditanya usai pelaksanaan debat di Kantor KPU, Selasa (12/12). 

Selain itu Mahfud juga menanggapi perihal namanya yang berulang kali disebut oleh calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto. Nama Mahfud muncul saat Prabowo menjawab pertanyaan Ganjar mengenai sikap Menteri Pertahanan itu soal penegakan HAM di Indonesia. 

Mahfud mengatakan jawaban Prabowo justru menjadi poin lebih untuk pasangan Ganjar - Mahfud. “Iya, justru tanggapan saya justru sejak 29 tahun tidak ada yang mengerjakan, yang mengerjakan baru saya kan,” ujar Mahfud 

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan itu justru mengatakan bahwa apa yang sudah dia lakukan dalam penyelesaian persoalan HAM mendapat apresiasi dari masyarakat dunia. Ia menyebut Indonesia mendapat pujian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam penyelesaian persoalan HAM. 

Bahkan menurut Mahfud persoalan penegakan HAM ini akan menjadi lebih mudah diteruskan bila Ganjar yang terpilih menjadi presiden. Sebelumnya calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menutup debat pertama dengan berjanji akan terus mendengar keluh kesah masyarakat. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...