Mirip Konsep Anies, Jokowi Bilang Hilirisasi Tak Hanya di Pertambangan

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Desember 2023, 17:48
Jokowi menyatakan rezimnya juga menyasar hilirisasi pada produk hasil perkebunan, hingga pertanian. Sebelumnya Anies mengkritik langkah pemerintah yang fokus pada hilirisasi pertambangan.
ANTARA FOTO/Media Center KTT AIS Forum 2023/Fikri Yusuf/pras.
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Selasa (10/10/2023).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan proyek hilirisasi tak hanya pada pengolahan lanjutan komoditas pertambangan, tapi juga pada produk hasil perkebunan, pertanian, dan perikanan hingga hasil laut. Sebelumnya, Calon Presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menilai hilirisasi terhadap komoditas perkebunan dan pertanian lebih mendatangkan potensi keuntungan dibandingkan proyek hilirisasi pertambangan.

"Tidak hanya tembaga, tidak hanya nikel, tidak hanya bauksit, tidak hanya timah. Tapi juga di luar mineral, semuanya harus dihilirisasikan agar nilai tambah itu ada di negara kita," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam peresmian ekspansi PT Smelting, disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (14/12).

Pemerintah belakangan mendorong hilirisasi rumput laut di sejumlah wilayah pesisir Buleleng Bali, Wakatobi Sulawesi Tenggara, Maluku Tenggara dan Pulau Rote Ndao di Nusa Tenggara Timur.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat potensi ladang rumput laut di perairan Indonesia mencapai 12 juta hektare. Sedangkan pemanfaatan saat ini baru berada di angka 0,8% dengan produksi sekira 9 juta ton pada 2021.

Pengolahan lanjutan rumput laut dapat menghasilkan keluaran turunan seperti pupuk, produk farmasi, komoditas pangan dan pakan ternak hingga bahan bakar nabati alis biofuel.

"Jangan sampai kita kirim lagi mineral dalam bentuk mentah, bahan-bahan pertanian-perkebunan dalam bentuk mentah, minimal harus jadi barang setengah jadi, syukur jika bisa barang jadi," ujar Jokowi.

Anies Usung Konsep Hilirisasi Perkebunan dan Pertanian

Sebelumnya, Calon Presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menilai hilirisasi terhadap komoditas perkebunan dan pertanian lebih mendatangkan potensi keuntungan berlebih ketimbang proyek hilirisasi pertambangan.

Anies menyatakan hal tersebut dalam acara dialog bersama capres yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta, Senin (11/12).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...