KPU Kaji Ulang Format Debat Cawapres, Buka Opsi Sediakan Podium

Ira Guslina Sufa
15 Desember 2023, 14:53
KPU
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (kanan) bersama Anggota KPU August Mellaz (kiri) memberikan keterangan pers terkait persiapan debat capres dan cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Komisi Pemilihan Umum mulai menyiapkan pelaksanaan debat pemilihan presiden 2024 sesi kedua yang bakal digelar Jumat (22/12). Sesuai rencana debat akan menjadi ajang bagi para calon wakil presiden untuk beradu gagasan. 

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan untuk pelaksanaan debat sesi kedua, komisi sudah dan akan terus melakukan evaluasi pelaksanaan debat perdana yang digelar Selasa (12/12) lalu. Menurut August salah satu yang menjadi catatan dari kajian adalah soal perlunya mengintensifkan koordinasi dengan tim Liaison Officer atau LO dari tiga kubu. 

Hal lain yang menurut August juga dikaji dalam evaluasi adalah mengenai kemungkinan adanya perubahan format debat. “KPU berusaha mengoptimalkan bagaimana format debat yang dilakukan. Publik bisa menilai apakah debat yang kemarin menarik atau tidak, interaktif atau tidak,” ujar August seperti dikutip Jumat (16/12). 

Menurut August KPU berupaya agar pelaksanaan debat sesi kedua dan selanjutnya tetap bisa lebih interaktif antar calon agar bisa menggali lebih banyak gagasan. Karena itu ia mengatakan format debat yang memberi ruang kepada capres untuk saling bertanya dan menyanggah akan tetap dipakai meski nanti dengan sejumlah catatan dari hasil evaluasi. 

Ia menyebut adanya interaksi antar calon menunjukkan komitmen KPU menghadirkan debat yang terbuka. “Itu semacam melunturkan tudingan banyak pihak, KPU punya niat menghilangkan itu.”

Di sisi lain August mengatakan KPU bersama tim dari tiga kubu sempat membahas kemungkinan disediakannya podium selama debat. Hal itu untuk mengakomodir apabila para kontestan membutuhkan tempat untuk mencatat. Namun menurut dia opsi itu masih dibahas. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...