Daftar 5 Ruas Tol Trans Sumatera Gratis Selama Libur Nataru

Nadhira Shafa
18 Desember 2023, 11:59
tol gratis, trans sumatera, tol trans sumatera, tol trans sumatra, trans sumatra, tol sumatera gratis, tol sumatra gratis
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Sejumlah kendaraan antre melintasi gerbang tol Prabumulih jalan tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih di Prabumulih, Sumatera Selatan, Selasa (18/4/2023). Berdasarkan data dari PT Hutama Karya (Persero) Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintasi gerbang tol Prabumulih jalan tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih yang dibuka fungsional sejak tanggal 15 April 2023 mencapai 12.022 kendaraan.

Bagi Anda yang berencana untuk mudik atau berlibur pada akhir tahun ini, ada kabar baik dari pemerintah. Lima ruas jalan tol di Trans Sumatra akan dibuka secara gratis selama libur Natal 2023 dan tahun baru 2023.

Tjahjo Purnomo, selaku Executive Vice President (EVP) Hutama Karya, menjelaskan bahwa total panjang dari 5 ruas tol JTTS yang akan dioperasikan secara gratis selama momentum Nataru 2023 mencapai 126,5 kilometer (Km). 

"Kami optimistis dengan peningkatan pengguna jalan tol yang signifikan akan disertai dengan pelayanan yang baik dan layak sehingga pengguna jalan tol dapat merasakan jalan tol yang aman dan nyaman selama Nataru nanti," kata Tjahjo Purnomo, pada Rabu (29/11).

Adapun, sejumlah ruas JTTS yang siap untuk dioperasikan secara gratis pada akhir tahun nanti di antaranya, sebagai berikut:

Pengoperasian jalan Tol Sigli-Banda Aceh 5 dan 6
Pengoperasian jalan Tol Sigli-Banda Aceh 5 dan 6 (ANTARA FOTO/Khalis Surry/foc.)
 

5 Ruas Tol Trans Sumatra Gratis Selama Libur Nataru 

Dilansir dari akun Instagram @kemenpupr, berikut 5 ruas tol tersebut:

  • Tol Indralaya - Prabumulih (64,5 km)

Ruas tol  ini merupakan bagian dari bagian jalan tol yang menghubungkan Palembang dan Muara Enim. Dengan adanya jalan tol ini, perjalanan dari Palembang ke Prabumulih atau sebaliknya dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam, yang sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Selain itu, akses tol ini juga mempersingkat waktu tempuh ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

Halaman:
Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...