Jokowi Tak Beri Gibran Nasihat Khusus, Tonton Debat Cawapres di Rumah

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Desember 2023, 12:17
Jokowi
BRI
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak memberikan nasihat khusus kepada putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka jelang debat calon wakil presiden (cawapres). Gibran akan menjalani debat cawapres perdana yang akan berlangsung pada Jumat (22/12) malam di Jakarta Convention Center.

Jokowi menjelaskan belum sempat memberikan wejangan ke Gibran lantaran keduanya belum  pernah bertemu kembali. “Ketemu aja tidak pernah, wejangan apa sih? Debat ya debat, gitu saja,” kata Jokowi usai memberi sambutan pada Seminar Nasional Perekonomian Outlook Indonesia di Hotel St. Regis Jakarta.

Kendati demikian, Jokowi memastikan dirinya turut menyaksikan ajang debat cawapres melalui siaran layar kaca malam nanti. “Nontonnya di rumah. Bisa di Jakarta, bisa di Bogor, bisa di Solo,” ujar Jokowi lagi.

Debat cawapres malam nanti berdurasi 120 menit. Para cawapres yang terdiri dari Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD akan saling menawarkan dan adu gagasan seputar tema ekonomi.

Adapun isu yang dibahas dalam debat tersebut yakni isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Jokowi berharap debat cawapres tersebut dapat berjalan dengan meriah. “Ya harapannya debatnya ramai,” kata Jokowi.

Debat calon wakil presiden itu akan disiarkan di sejumlah stasiun televisi swasta seperti TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV. Katadata juga menggelar nonton bareng dengan menghadirkan Piter Abdullah Redjalam, ekonom dan founder segera research institute. 

Pelaksanaan debat akan digelar mulai pukul 19.00 WIB dengan pembagian enam segmen seperti halnya debat pertama antarcapres. Untuk yang ingin menyaksikan debat bersama Katadata dapat mengikuti melalui link berikut: https://youtu.be/k9_KrZo1Tg4

Untuk pelaksanaan debat kedua yang menjadi ajang para cawapres beradu gagasan KPU telah menetapkan Pemimpin Redaksi Detikcom Alfito Deannova dan pembawa berita yang juga produser Kompas TV Liviana Cherlisa. Keduanya akan memandu jalannya debat yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...