Anies: JK Ingin Kader HMI Bidik Posisi Lebih dari Wakil Presiden

Amelia Yesidora
27 Desember 2023, 14:35
anies, jusuf kalla, hmi
ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
Anies Baswedan (tengah) bersama Wakil Presiden ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla (kiri) dan Sudirman Said usai pertemuan di kediaman pribadi JK di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10).

Calon presiden Anies Baswedan bercerita bahwa wakil presiden Jusuf Kalla ingin kader HMI tidak berhenti di posisi wakil presiden. Anies bilang, Jusuf Kalla menyebut hal itu saat memberikan sambutan di acara Musyawarah Nasional XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) pada November 2022 lalu.

Sebagai informasi, Jusuf Kalla merupakan alumni HMI dan sempat menjabat sebagai Ketua HMI Makassar pada 1965 hingga 1966. Sedangkan Anies Baswedan juga sempat berkecimpung di HMI saat dirinya menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Pak JK menyampaikan  kader HMI sudah berada di banyak posisi, termasuk wakil presiden. Karena itu, sebaiknya jangan di posisi itu lagi,” ujar Anies dalam sambutannya di acara Deklarasi Dukungan HMI kepada AMIN di Swasana Lippo Kuningan, Jakarta, Rabu (27/12).

Lebih lanjut Anies mengatakan Jusuf Kalla sudah mendeklarasikan gagasan tersebut secara terbuka di Palu, pada seminggu lalu. “Dengan bekerja berpasangan (dengan Muhaimin Iskandar), Insya Allah kami dwitunggal yang akan membawa ikhtiar ini ke depan,” katanya. 

Hal ini juga dibenarkan oleh Presidium Majelis Nasional Korps Alumni HMI alias MN KAHMI, Saan Mustopa. Menurut Saan, mimpi ini sudah ada sejak zaman latihan kader tingkat satu hingga di kepengurusan Besar HMI. 

“Kami diberi mimpi, harus ada kader yang sampai puncak kepemimpinan nasional, yakni Presiden RI,” kata Saan, usai Deklarasi Dukungan HMI pada AMIN, di Swasana Lippo Kuningan, Rabu (27/12). 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...