Husain Abdullah Ungkap Alasan Jusuf Kalla Dukung Anies Secara Terbuka

Amelia Yesidora
28 Desember 2023, 15:36
Jusuf Kalla
ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
Anies Baswedan (tengah) bersama Wakil Presiden ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla (kiri) dan Sudirman Said usai pertemuan di kediaman pribadi JK di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10).

Juru Bicara Jusuf Kalla, Husain Abdullah menjelaskan alasan mengapa wakil presiden ke-10 dan ke-12 itu akhirnya menyatakan dukungan terbuka untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di pilpres 2024. Menurut pria yang biasa disapa Uceng itu, Jusuf Kalla memberikan dukungan secara terbuka kepada Anies atas alasan rekam jejak. 

“Tidak ada hubungan dengan suara siapapun yang tergerus,” kata Husain Abdullah pada Katadata via pesan singkat, Kamis (28/12).

Uceng juga menyebut JK akhirnya mengumumkan dukungan terbuka karena merasa punya tanggung jawab moral. Wakil presiden yang pernah mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo itu ingin rakyat memilih pemimpin yang benar untuk memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan. 

“Selama ini, Jusuf Kalla menyampaikan dirinya netral, tetapi sebagai warga negara tentunya Pak JK memiliki pilihan politik,” ujar Uceng. 

 Jusuf Kalla menyampaikan dukungan ini di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa (19/12). Ia menganggap Anies merupakan orang yang tepat untuk memimpin Indonesia di masa depan. Uceng juga menyebut Anies adalah murid politik dari JK dan HK menilai Anies punya pengalaman, pengetahuan, kejujuran, dan integritas. 

Ketua PMI Pusat tersebut tidak ingin mengomentari paslon lain, tapi ia memiliki tips memilih presiden. Menurut Uceng, Jusuf Kalla punya keyakinan rakyat lebih baik memilih pemimpin yang etikanya baik, tidak pemarah, dan bisa menerima kritik dengan terbuka dan tenang. 

Selain itu Kalla berharap pemimpin bisa mengerti dasar perekonomian serta tak asal boros dalam membelanjakan anggaran negara. Menurutnya, Anies merupakan sosok yang penuh perhitungan dan mengerti ekonomi.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...