Berebut Pengaruh Para Capres di Organisasi Mahasiswa, Apa Dampaknya?

Muhamad Fajar Riyandanu
29 Desember 2023, 07:42
Ilustrasi tiga pasangan capres peserta Pilpres 2024
Katadata/Lambok Hutabarat
Ilustrasi tiga pasangan capres peserta Pilpres 2024

Dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yaitu Ganjar Pranowo - Mahfud MD dan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar bergerak ke kampus menangguk suara. Dalam beberapa hari terakhir mereka mengunci komitmen dukungan dari organisasi kampus kondang seperti Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Himpunan Mahasiwa Islam (HMI).

Keluarga Besar HMI mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies - Muhaimin di Swasana Ballroom Lippo Kuningan, Jakarta, Rabu (27/12). Sementara itu, Ikatan keluarga besar alumni dan aktivis yang tergabung dalam GMNI telah mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar-Mahfud di Gedung Serbaguna GBK Senayan, Jakarta pada Kamis (28/12).

Mengalirnya dukungan dari organisasi ekstra kampus dinilai menjadi angin segar bagi dua pasangan capres-cawapres tersebut. Sejalan dengan itu, dukungan yang dikantongi berpotensi menggugurkan rencana menang Pilpres satu putaran yang digaungkan oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Peneliti lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad menganggap adanya dukungan GMNI ke Ganjar-Mahfud dan HMI ke pasangan Anies-Muhaimin merupakan sokongan yang muncul secara organik. Hal itu dapat dilihat dari rekam jejak Ganjar Pranowo yang pernah menjadi bagian dari GMNI saat masih menjalani studi di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada 1987. Sementara Anies bergabung ke HMI Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) saat dirinya menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi UGM pada 1990.

HMI MPO lahir dari perpecahan internal dalam kongres HMI ke-16 di Padang, Sumatera Barat pada Maret 1986. Kubu yang mengikuti aturan pemerintah rezim Orde Baru tentang asas tunggal Pancasila kemudian disebut HMI Dipo karena punya kantor Pengurus Besar di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Sementara yang tetap mempertahankan azas Islam menjadi HMI MPO.

Saidiman mengatakan bahwa Ganjar dan Anies bisa memanfaatkan GMNI dan HMI sebagai jembatan untuk meraup suara dari para pemilih. Langkah tersebut dapat berjalan apabila anggota tiap-tiap organisasi turut aktif dalam kegiatan sosialisasi dan kampanye ke basis pendukung masing-masing pasangan capres-cawapres.

"GMNI dan HMI bukan hanya mahasiswa, mereka itu organisasi mahasiswa tapi punya banyak sekali alumni di masyarakat. Ada juga yang menjadi politikus nasional dan daerah," kata Saidiman saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Kamis (28/12).

Ganjar hadiri sarasehan nasional GMNI
Ganjar hadiri sarasehan nasional GMNI (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.)

Perihal relasi GMNI dan Ganjar, Saidiman melihat dua entitas tersebut memiliki sejumlah kesamaan pandangan politik yang mengarah pada paham nasionalis. Kesamaan tersebut dapat menjadi peluang untuk mengamankan suara di wilayah basis kelompok pemilih nasionalis di Jawa Tengah.

Survei terbaru yang dirilis Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada Rabu (27/12) menunjukkan tingkat elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud di Jawa Tengah mencapai 43,5%, mengungguli pasangan Anis-Muhaimin dan Prabowo-Gibran.

"Terkadang dukungan dari satu organisasi itu bukan karena deal-deal politik elit dengan elit, tapi mereka juga melihat kecenderungan massa dibelakang organisasi itu," ujar Saidiman.

Di sisi lain, Saidiman melihat dukungan HMI ke pasangan Anies-Muhaimin berpotensi memperkuat basis pemilih muda muslim dari kalangan kampus. Komposisi tersebut diperkuat dengan status Muhaimin yang pernah menjadi Ketua Umum PB PMII pada 1994-1997. 

"Kalau bicara organisasi mahasiswa seperti HMI dan GMNI kecenderungannya pendukungnya dari sisi ideologi," kata Saidiman lagi.

Dukungan keluarga besar HMI untuk AMIN

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...