Survei Internal TPN Ganjar-Mahfud: Unggul atas Anies, di Bawah Prabowo

Ade Rosman
30 Desember 2023, 22:12
TPN Ganjar-Mahfud
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/YU
Ilustrasi, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan sambutan saat menghadiri Deklarasi Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arsjad Rasjid mengungkapkan temuan survei internal yang dilakukan kubu pasangan calon nomor urut 3. Hasil survei menunjukkan, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mampu mengungguli Anies-Cak Imin, namun kalah dari Prabowo-Gibran.

Temuan itu ia ungkapkan saat menghadiri acara 45 Hari Menuju Kemenangan Ganjar-Mahfud, yang digelar di Djakarta Theater, Sabtu (30/12). "Belakangan ini beragam hasil survei keluar. Kita tahu, kita semua tahu apa yang telah terjadi di lapangan sebelum proses sampling dilakukan," ujarnya.

Mulanya, ia mengungkit temuan sejumlah temuan survei dari lembaga survei lain yang dilakukan beberapa waktu lalu, yang dilakukan oleh Indikator dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS). Survei yang dilakukan dua lembaga ini, menunjukkan angka 24% dan 19%. Ia kemudian membeberkan hasil survei yang dilakukan TPN Ganjar-Mahfud, yang menunjukkan angka berbeda.

Arsjad mengungkapkan, berdasarkan survei internal TPN, pasangan Ganjar-Mahfud menempati posisi kedua dalam simulasi, yakni mendapatkan 37% suara, di bawah pasangan Prabowo-Gibran yang mendapat 41% dan mengungguli pasangan Anies-Muhaimin yang meraih 21%.

"Survei internal kita dilakukan dengan triangulasi metode survei, dengan FGD, dan analisis media yang teruji. ini tidak dilakukan oleh survei-survei lain," kata Arsjad.

Ia mengklaim, perhitungan yang dilakukan internal TPN lebih akurat karena menggunangan metode tersebut. Ia menjelaskan, hasil survei ini menjadi tanda bahwa TPN Ganjar-Mahfud harus bekerja lebih keras, lebih efektif untuk mencapai target kemenangan. Mengingat, dalam survei tersebut juga tercatat suara yang bergeser, dan undecided voters.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...