Pendukung Ganjar - Mahfud Dianiaya Tentara, Ini Kronologis Versi TNI

Ade Rosman
31 Desember 2023, 13:52
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (keempat kanan) tiba untuk meluncurkan program satu keluarga miskin satu sarjana di Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023).
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (keempat kanan) tiba untuk meluncurkan program satu keluarga miskin satu sarjana di Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023).

Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Todung Mulya Lubis melaporkan penganiayaan atau tindakan kekerasan terhadap beberapa orang pendukung pasangan calon nomor urut 03. Pelaku kekerasan diduga aparat TNI yang sedang berjaga di depan markas Kompi B Yonif Raider 408/Sbh di Kabupaten Boyolali.

"Kami mendapat laporan dari Klaten, Yogyakarta, dan Boyolali. Ini laporan brutalitas dan ini tindak kekerasan yang sangat-sangat tidak bisa diterima," kata Todung kepada wartawan di Djakarta Theater, Sabtu (30/12).

Todung mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya, akibat dari penganiayaan itu menyebabkan satu orang meninggal dunia dan empat orang luka-luka berat.

"Yang meninggal dunia di Klaten, dan luka-luka empat di Boyolali. Mereka yang meninggal dunia ini relawan pendukung Ganjar-Mahfud yang diduga alami kekerasan dan brutalitas pendukung paslon lain," katanya.

Todung mengatakan, empat orang dengan kondisi luka-luka tersebut diduga lantaran dianiaya oleh oknum TNI. "Kalau itu benar, kami ingin minta kepada Panglima TNI untuk ambil tindakan tegas dan pertanggungjawaban secara hukum mereka yang melakukan tindak kekerasan ini," katanya.

Todung mengatakan, tindak kekerasan tersebut tak dapat diterima dan dibenarkan. Ia pun menyebut akan membawa perkara tersebut ke ranah hukum. "Kami akan proses ini secara hukum sesuai ketentuan yang berlaku. Brutalitas ini bahayakan integritas Pemilu," katanya.

Kronologis Kasus Penganiayaan Versi TNI

Dua relawan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD diduga menjadi korban penganiayaan oleh sejumlah oknum TNI di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kepala Penerangan Kodam IV/ Diponegoro Kolonel Richard Harison di Semarang, Sabtu, membenarkan penyelidikan dan pendalaman terhadap peristiwa oleh oknum TNI di depan markas Kompi B Yonif Raider 408/Sbh di Kabupaten Boyolali.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...