Otorita Targetkan Investasi Swasta Masuk IKN Tembus Rp 100 T pada 2024

Agustiyanti
7 Januari 2024, 14:20
IKN, investasi, ikn nusantara
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Pembangunan IKN seperti yang disebut Presiden Joko Widodo membutuhkan investasi mencapai Rp 466 triliun.
Button AI Summarize

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menargetkan investasi yang masuk dari swasta atau di luar Anggaran Pendapatan Belanja Negara ke wilayah IKN dapat mencapai Rp 100 triliun pada 2024. Sepanjang 2023, terdapat 23 investor yang telah melakukan groundbreaking di IKN dengan investasi sebesar Rp 41 triliun.

"Kami target sepanjang 2024 investasi masuk di Kota Nusantara sekitar Rp 100 triliun, berasal dari investor domestik maupun luar negeri," kata Kepala OIKN Bambang Susantono di Penajam, Minggu (7/1), seperti dikutip dari Antara. 

Ia mengatakan, pembangunan IKN seperti yang disebut Presiden Joko Widodo membutuhkan investasi mencapai Rp 466 triliun. Dari total kebutuhan investasi tersebut, hanya 20% yang dapat dipenuhi dari APBN.

Menurut dia, investasi yang sudah masuk dan yang bakal masuk di ibu kota negara baru itu akan berbagai sektor dengan skala investasi yang berbeda-beda.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi akan melakukan peletakan batu pertama lagi, sebagai tanda dimulainya pembangunan fisik baru di Kota Nusantara pada Januari sampai Februari 2024. Proyek yang akan dibangun dikerjakan sekitar 15 investor

Ia memastikan, OIKN terus komitmen untuk meningkatkan realisasi investasi di ibu kota negara masa depan Indonesia. Salah satu upaya dengan melakukan sosialisasi dan promosi peluang investasi di Kota Nusantara.

 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...