Akhiri Debat: Ganjar Kritisi Data Kemenhan, Sorot Koordinasi Lembaga

Ade Rosman
7 Januari 2024, 22:20
Ganjar
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menutup debat ketiga calon presiden dan calon wakil presiden dengan menyorot peningkatan anggaran di Kementerian Pertahanan.  Menurut Ganjar dalam lima tahun terakhir anggaran Kemenhan meningkat secara signifikan. 

Meski begitu Ganjar menyayangkan transparansi data pertahanan dari Kementerian Pertahanan cukup tertutup. Ia mengaku mendapatkan data mengenai anggaran pertahanan dari kementerian koordinator politik hukum dan keamanan. 

“Kami tidak bisa mendapatkan data dari kemenhan secara terbuka maka minimum essential force kita memang kemungkinan akan berat untuk bisa terpenuhi,” ujar Ganjar di akhir debat, Minggu (7/1). 

Menurut Ganjar dalam konteks politik luar negeri perlu dilakukan definisi uang mengenai politik luar negeri bebas dan aktif. Ganjar pun mengulang komitmen untuk  mengusung kebijakan mendorong duta besar (Dubes) dan diplomat RI menjadi tenaga pemasar. 

Dalam kesempatan tersebut Ganjar juga menjelaskan pentingnya duta besar. Selain itu ia pun menekankan pentingnya penangkalan dan penguatan pertahanan untuk digital. “Kita perlu duta besar ini untuk merespons perubahan global yang ada,” kata Ganjar. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...