Debat Keempat Pilpres 2024 Kembali Digelar di JCC, Format Tak Berubah

Ade Rosman
15 Januari 2024, 21:26
debat, debat cawapres, jcc
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri) menyampaikan gagasannya disaksikan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).
Button AI Summarize

Debat keempat Pemilihan Presiden 2024 bakal kembali dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC). Hal itu disampaikan oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) August Mellaz usai rapat dengan ketiga tim paslon di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (15/1).

"Debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari 2024 akan dilaksanakan di JCC," kata Mellaz kepada wartawan, di Kantor KPU.

Ia beralasan, dipilihnya kembali JCC sebagai tempat diselenggarakannya debat keempat lantaran berkaca pada pengalaman sebelumnya. Selain karena ketersedian ruang, JCC dinilai bisa membantu tim penyelenggara secara teknis, dan tim paslon yang sangat familiar dengan tempat tersebut.

Mellaz juga mengatakan tak akan ada perubahan mengenai alur debat sebagaimana telah dilaksanakan sebelumnya. Kendati demikian, Mellaz menyebut KPU baru akan memberitahukan secara lengkap dalam konferensi pers di Kantor KPU pada Rabu (17/1) mendatang.

"Jadi nanti hari Rabu kami akan umumkan sebagaimana kebiasaan yang kami lakukan dalam rangka pelaksanaan debat. Mulai dari moderator, panelis, tema, segala macam," katanya. 

Topik akan  debat keempat berkutat soal energi, baik sumber daya alam, sumber daya manusia, pangan, dan pajak karbon. Debat keempat ini juga membahas lingkungan hidup, agraria, serta masyarakat adat. 

Debat ini akan diikuti calon wakil presiden yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Ini merupakan debat kedua cawapres usai sebelumnya digelar pada 22 Desember 2023. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...