Sudirman Said Nilai Positif Langkah Mahfud Mundur dari Kabinet Jokowi

Amelia Yesidora
24 Januari 2024, 20:21
mahfud md, sudirman said, timnas amin, pilpres 2024,
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww.
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD (tengah) tersenyum saat berdiskusi dalam acara bertajuk Tabrak Prof di Kedai Borjuis, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).
Button AI Summarize

Co-captain Timnas AMIN Sudirman Said memandang rencana kemunduran Mahfud MD dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM sebagai contoh baik. Bahkan menurutnya menteri lain yang terlibat dalam kontestasi politik 2024 seharusnya mengikuti jejak Mahfud.

“Kalau saja seluruh menteri yang mencalonkan diri dan terlibat dalam kampanye mengundurkan diri, itu praktek yang sangat baik,” kata Sudirman Said saat ditemui di Rumah Koalisi Perubahan, Jakarta, Rabu (24/1).

Baginya, langkah ini adalah konsekuensi dari sikap politik. Ia mencontohkan dirinya yang mengambil cuti dari berbagai posisinya, saat bergabung dengan Timnas AMIN, di antaranya Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia dan Komisaris Utama Transjakarta. Lebih lanjut, menurutnya langkah Jokowi bisa menurunkan standar bernegara.

Di kubu AMIN sendiri, ada tiga politikus yang menjabat menteri di kabinet Jokowi. Sudirman mengaku, pihaknya takkan mengikutsertakan menterinya untuk kampanye, meski Jokowi sudah memberi lampu hijau.

Mereka ialah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Desa Abdul Halim Iskandar.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...