Kampanye Akbar di Padang Anies Kritik Jokowi, Prabowo-Gibran Tak Cuti

Ira Guslina Sufa
25 Januari 2024, 14:44
Anies
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/nz.
Calon presiden nomer urut 1 Anies Baswedan menyampaikan orasi saat kampanye terbuka di Lapangan Krida Nusantara, Cilacap, Jateng, Rabu (24/1/2024).
Button AI Summarize

 Calon Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menggelar kampanye akbar di kawasan GOR Haji Agus Salim, Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (25/1). Dalam orasinya Anies menyinggung pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyatakan presiden boleh memihak dan berkampanye dalam pemilihan presiden. 

 Anies meminta para ahli hukum tata negara untuk memverifikasi dan mengkaji pernyataan Jokowi tersebut. Adapun pernyataan bahwa presiden dan menteri boleh memihak dan ikut berkampanye di pilpres disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1) pagi. 

 "Saya minta ahli hukum tata negara untuk memverifikasi apakah itu (pernyataan) sesuai dengan ketentuan hukum yang ada," kata Anies. 

Menurut Anies, ketika seseorang disumpah untuk mengemban suatu jabatan, maka pada saat itu juga harus mengikuti aturan hukum yang berlaku. Atas alasan itu ia menyatakan ketika presiden, menteri, gubernur dan walikota atau bupati menjabat, maka harus bertindak sesuai ketentuan hukum pula.

Berbeda dengan Anies, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo tidak melakukan kampanye akbar hari ini. Ganjar dijadwalkan memiliki kegiatan internal. 

Adapun calon wakil presiden pendamping Ganjar, Mahfud MD dijadwalkan mengikuti rangkaian kegiatan kampanye di Lampung. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan itu menutup rangkaian kampanyenya dengan menghadiri acara 'Tabrak Prof' pukul 19.00 WIB.

Prabowo Gibran Tak Ajukan Cuti

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka memilih tak ambil cuti dan bekerja seperti biasa pada hari ke-59 kampanye Pilpres 2024. Prabowo, hari ini dijadwalkan mengikuti kegiatan rutin sebagai Menteri Pertahanan. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan Prabowo dijadwalkan bertemu beberapa kelompok masyarakat, antara lain dari komunitas petani tebu dan kelapa sawit. Prabowo juga dijadwalkan bertemu dengan perwakilan dari koperasi, dan kelompok anak-anak muda.

Sementara itu, Gibran, yang saat ini masih aktif sebagai Wali Kota Surakarta, berkantor seperti biasa di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah.  Dari informasi yang dilansir Antara, Gibran dijadwalkan kembali mengambil cuti pada Jumat (26/1) untuk berkampanye di Jayapura, Papua, dan Bali.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...