Slank dan Sejumlah Tokoh Kompak Dukung Ganjar-Mahfud

Luky Maulana
Oleh Luky Maulana - Tim Publikasi Katadata
2 Februari 2024, 09:03
Grup Band Slank merasa kecewa terhadap Jokowi, sehingga beralih mendukung Ganjar-Mahfud.
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nz
Personel grup musik Slank Abdee Negara (kedua kanan) bersama Bimbim (kanan), Ridho (ketiga kanan), Ivanka (ketiga kiri), capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kiri) dan cawapres Mahfud MD (kiri) menyampaikan pendapat saat deklarasi dukungan di jalan Potlot, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). Deklarasi tersebut sebagai dukungan dari grup musik Slank untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024.
Button AI Summarize

Dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tak hanya datang dari rakyat kecil. Pasangan calon Presiden dan calon wakil Presiden nomor urut tiga ini memperoleh dukungan pula dari para figur publik, salah satunya musisi grup band Slank. 

Pada pilpres 2014 dan 2019, sebetulnya Slank mendukung Joko Widodo. Tapi, grup musik yang terbentuk pada 1983 ini sekarang menjatuhkan dukungan kepada pasangan calon Ganjar-Mahfud. 

Menurut Ridho sang gitaris, Slank sejauh ini tetap sayang terhadap Presiden Jokowi. Tapi, sejak Jokowi diduga memiliki sikap politik yang berbeda maka perasaan itu pun berubah. 

"Kami masih juga sayang sih, tapi sayangnya beda. Menyayangkan ha-ha-ha," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (30/1). 

Sebagai bentuk dukungan kepada Ganjar-Mahfud, Slank merilis lagu berjudul Salam Metal di platform digital streaming official Slank, salah satunya kanal YouTube Musik Slank, pada 29 Januari 2024. Lagu ini diluncurkan gerakan Revolusi Cinta yang terdiri dari jajaran musisi, budayawan, dan aktivis. 

Demi mendukung paslon yang diusung PDIP, PPP, dan Perindo tersebut maka salah satu personil Slank, Abdee, bahkan rela mundur dari jabatan komisaris Telkom Indonesia yakni BUMN di bidang telekomunikasi. 

Ganjar dan Mahfud MD dinilai sebagai paslon yang terus menyuarakan demokrasi dan supremasi hukum. Hal ini selaras dengan aspirasi Slank.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...