Luhut Resmi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Agustiyanti
3 Februari 2024, 14:56
luhut pandjaitan, luhut, prabowo-gibran
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendeklarasikan dukungan kepada paslon nomor 2 Prabowo-Gibran.
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon atau paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Dukungan ini dideklarasikan Luhut melalui akun resmi Instagramnya pada Sabtu (3/2). 

"Idealisme dan konsistensi dalam bersikap Pak Prabowo, serta keterwakilan anak muda dalam diri Mas Gibran, memantapkan saya untuk memilih pasangan ini pada 14 Februari 2024 nanti," ujar Luhut. 

Ia menilai keduanya dapat melanjutkan  tongkat estafet kepemimpinan yang akan membawa negara ini mencapai visi besar Indonesia Emas 2045. "Saya pun berharap masyarakat memilih pemimpin yang tepat sesuai kebutuhan dan tantangan zaman saat ini," ujarnya. 

Luhut bercerita, mengenal sosok Prabowo sejak 40 tahun lalu sejak keduanya tergabung dalam Korps Baret Merah. Ia menilai Prabowo sebagai sosok yang pemberani dan rasional dalam berpikir. "Beliau juga seseorang yang penuh dengan idealisme, dan jiwa patriot," kata Luhut. 

Ia pun mengaku senang saat Prabowo memutuskan untuk memilih Gibran sebagai cawapres. Menurut dia, hal tersebut adalah contoh bahwa Prabowo tidak pernah memandang sebelah mata orang lain. "Boleh jadi mereka punya kemampuan khusus yang selama ini tak terlihat karena tidak mendapat kesempatan," ujarnya. 

Luhut menilai, Indonesia membutuhkan pemimpin yang berani sekaligus bisa bersahabat dengan seluruh negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Indonesia telah belajar dari berbagai tantangan dan ujian seperti pandemi, konflik geopolitik, hingga ancaman perubahan iklim. 

Di sisi lain, ia juga menekankan bahwa pesta demokrasi lima tahunan ini harus berlangsung dengan suka cita dan gembira. "Rayakanlah perbedaan pilihan kita dengan cara yang santun dan penuh dengan rasa persatuan dan kesatuan.Karena siapapun yang terpilih menjadi pemimpin, pemenang sesungguhnya adalah rakyat Indonesia," ujarnya.

Ini adalah pertama kali Luhut secara resmi menyampaikan dukungan terhadap paslon nomor urut 2. Meski demikian, ia beberapa kali secara tersinyalir menunjukkan dukungan untuk Prabowo-Gibran. Hal ini terlihat dari bantahan terkait kritik yang disampaikan calon lain usai debat capres  hingga pernyataan agar tidak menyepelekan anak muda. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...